manakib
Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, saya yakin sudah banyak yang mengenal beliau. Dari yang sekedar tahu kepiawaian beliau bershalawat dengan jutaan pengagumnya atau yang memang mengidolakan beliau luar dalam. Sepanjang pengetahuan saya, seminggu waktu beliau 6 harinya adalah untuk ummat dan hanya hari Ahad saja yang tersisa untuk keluarga.

Nyaris hidupnya dihabiskan di atas kendaraan yang membawa beliau keliling daerah, jam 3 dinihari baru masuk rumah dan istirahat. Jam 9 paginya sudah menunggu ratusan tamu setiap hari sampai sore hari, dan saat senja datang beliau beranjak pergi menuju majelis-majelis yang sudah menanti. Tetapi saya tahu , ritme hidup sedemikian berat itu beliau jalani dengan kesabaran. Sabar menahan sakit atau repotnya menyenangkan para tamu setiap harinya.

Meskipun demikian beliau selalu menjaga shalatnya dengan BERJAMAAH. Jika ada di rumah siang hari beliau pastikan melazimi datang rauhah di Zawiyahnya Habib Anis. Keadaan yang istiqamah beliau jalani ini dengan hati yang ridha, pasrah, saya anggap sebagai karomah besar beliau.

Bagaimana tidak , jika dengan aktifitas diluar kewajaran itu beliau masih menjaga shalatnya dengan berjamaah adalah kemulian tersendiri. Ahlak beliau yang selalu melayani dan menyenangkan ratusan tamu stiap hari, dengan telaten mendengarkan hajat-hajat mereka, dan sabar, siap selalu menerima permintaan foto bersama mereka. Ketenangan, kesabaran semacam itu setiap hari yang beliau lakukan dengan tulus adalah akhlak Rasulullah Saw. Sedikit sekali orang yang mampu melakukannya. Jika hal yang mulia ini bukanlah sebuah karomah, maka tidak ada lagi karomah lagi di atas dunia.

Beliau juga dikenal mempunyai kemampuan memory otak yang luar biasa. Beliau bisa mengingat nama dan daerah orang-orang yang pernah dikenalnya. Lain dari itu, beliau seperti lumrahnya orang-orang besar mempunya mata hati yang tajam. Orang-orang yang melazimi beliau tahu persis hal-hal yang sedemikian ini merupakan salah satu baju kebesaran beliau. Dan berkali-kali saya sendiri mengalaminya. Tetapi, peran besar beliau sebenarnya adalah membumikan Shalawat di tanah negeri ini tercinta.

Berbagai trik beliau lakukan agar shalawat bisa masuk ke dalam segala unsur masyarakat. Dengan kalaborasi bersama siapapun, beliau siap asal dengan itu shalawat bisa menjadi lebih dikenal dan menggema. Bahkan beliau gemar memasukkan unsur gending jawa dalam shalawat. Bersama Gus Karim, beliau mencoba menarik saudara-saudara abangan untuk mengecap kemanisan shalawat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top