Latest News

fakta wahabi
Berikut adalah artikel pembahasan "Ketika Rakaat Shalat Tarawih Di Permasalahkan antar ulama wahabi" atau Wahabi Vs Wahabi.

MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL BANI
Dalam kitabnya โ€œshalat Al tarawihโ€ 1/84

ู„ุง ุฅุฌู…ุงุน ุนู„ู‰ ุงู„ุนุดุฑูŠู† :
ู„ู‚ุฏ ุชุจูŠู† ู„ู†ุง ู…ู† ุงู„ุชุญู‚ูŠู‚ ุงู„ุณุงุจู‚ ุฃู† ูƒู„ ู…ุง ุฑูˆูŠ ุนู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ููŠ ุฃู†ู‡ู… ุตู„ูˆุง ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุนุดุฑูŠู† ุฑูƒุนุฉ ู„ุง ูŠุซุจุช ู…ู†ู‡ ุดูŠุก ูู…ุง ุงุฏุนุงู‡ ุงู„ุจุนุถ : " ุฅู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ุฃุฌู…ุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุนุดุฑูˆู† ุฑูƒุนุฉ " ู…ู…ุง ู„ุง ูŠุนูˆู„ ุนู„ูŠู‡ ู„ุฃู†ู‡ ุจู†ูŠ ุนู„ู‰ ุถุนูŠู ูˆู…ุง ุจู†ูŠ ุนู„ู‰ ุถุนูŠู ูู‡ูˆ ุถุนูŠู
Tidak ada ijmaโ€™ yang menyatakan Shalat Tarawih 20 rakaat :
Sudah sangat jelas penjelasanku yang sudah lewat bahwasanya hadits yang diriwayatkan oleh sahabat โ€œmereka shalat tarawih 20 rakaatโ€, Itu adalah Dlaif, sebagaimana anggapan sebagian orang bahwa โ€œpara shahabat ijmaโ€™ atas shalat tarawih 20 rakaatโ€, Ijmaโ€™ ini tidak dianggap karena dibangun di atas kedlaifan. Sesuatu yang dibangun di atas kedlaifan maka ia dlaif pula.
MUHAMMAD BIN SHALIH AL UTSAIMIN
Dalam Kitabnya Majmuโ€™ Al Fatรขwa wa Rosaail 14/132

ูˆุณุฆู„ ูุถูŠู„ุชู‡: ู‡ู†ุงูƒ ู…ู† ูŠุตู„ูŠ ู…ุน ุงู„ุฅู…ุงู… ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉ ุซู… ูŠูุงุฑู‚ู‡ ุจุญุฌุฉ ุฃู† ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูƒุงู† ู„ุง ูŠุฒูŠุฏ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ูˆู„ุง ููŠ ุบูŠุฑู‡ ุนู„ู‰ ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉุŸ
ูุฃุฌุงุจ ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุดูŠุฎ ุจู‚ูˆู„ู‡: ู‡ุฐุง ุงู„ูุนู„ ูˆู‡ูˆ ู…ูุงุฑู‚ุฉ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุฐูŠ ูŠุตู„ูŠ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุฃูƒุซุฑ ู…ู† ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉ ุฎู„ุงู ุงู„ุณู†ุฉุŒ ูˆุญุฑู…ุงู† ู„ู…ุง ูŠุฑุฌู‰ ู…ู† ุงู„ุฃุฌุฑ ูˆุงู„ุซูˆุงุจุŒ ูˆุฎู„ุงู ู…ุง ูƒุงู† ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ ูˆุฐู„ูƒ ุฃู† ุงู„ุฐูŠู† ุตู„ูˆุง ู…ุน ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ู„ู… ูŠู†ุตุฑููˆุง ู‚ุจู„ู‡ุŒ ูˆูƒุงู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ - ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู… - ูŠูˆุงูู‚ูˆู† ุฅู…ุงู…ู‡ู… ุญุชู‰ ููŠู…ุง ุฒุงุฏ ุนู„ู‰ ู…ุง ูŠุฑูˆู†ู‡ ู…ุดุฑูˆุนุงู‹ุŒ ูุฅู† ุนุซู…ุงู† - ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ - ู„ู…ุง ุฃุชู… ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ู…ู†ู‰ ุฃู†ูƒุฑูˆุง ุนู„ูŠู‡ุŒ ูˆู„ูƒู† ูƒุงู†ูˆุง ูŠุชุงุจุนูˆู†ู‡ ููŠ ุงู„ุฅุชู…ุงู…ุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„ูˆู†: ุฅู† ุงู„ุฎู„ุงู ุดุฑุŒ ูˆู‡ูˆ ุฃูŠุถุงู‹ ุญุฑู…ุงู† ู„ู…ุง ูŠุญุตู„ ู…ู† ุงู„ุซูˆุงุจุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„: "ู…ู† ู‚ุงู… ู…ุน ุงู„ุฅู…ุงู… ุญุชู‰ ูŠู†ุตุฑู ูƒุชุจ ู„ู‡ ู‚ูŠุงู… ู„ูŠู„ุฉ".
ูˆุงู„ุฒูŠุงุฏุฉ ุนู„ู‰ ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉ ู„ูŠุณุช ุญุฑุงู…ุงู‹ ุจู„ ู‡ูŠ ู…ู† ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุฌุงุฆุฒุฉุŒ ูˆุฏู„ูŠู„ ุฐู„ูƒ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุณุฃู„ู‡ ุฑุฌู„ ุนู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ ูู‚ุงู„: "ู…ุซู†ู‰ุŒ ู…ุซู†ู‰ุŒ ูุฅุฐุง ุฎุดูŠ ุฃุญุฏูƒู… ุงู„ุตุจุญ ุตู„ู‰ ูˆุงุญุฏุฉ ูุฃูˆุชุฑุช ู„ู‡ ู…ุง ู‚ุฏ ุตู„ู‰). ูˆู„ู… ูŠุญุฏุฏ ู„ู‡ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนุฏุฏุงู‹ุŒ ูˆู„ูˆ ูƒุงู†ุช ุงู„ุฒูŠุงุฏุฉ ุนู„ู‰ ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉ ุญุฑุงู…ุงู‹ ู„ุจูŠู† ุฐู„ูƒ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ูู†ุตูŠุญุชูŠ ู„ุฅุฎูˆุงู†ูŠ ู‡ุคู„ุงุก ุฃู† ูŠุชุงุจุนูˆุง ุงู„ุฅู…ุงู… ุญุชู‰ ูŠู†ุตุฑู
Muhammad Bin Sholih al Utsaimin : ditanya tentang jamaah yang sholat bersama Imam hanya 11 rokaat saja, kemudian memisahkan diri dengan alasan bahwasanya Rasulullah Shollallahu alaihi Wasallam tidak menambah dari 11 rokaat baik pada waktu ramadhan maupun selainya

Kemudian Muhammad Bin Sholih al Utsaimin jawab:

Perbuatan ini yaitu memisahkan diri dari Imam yang sholat taraweh lebih dari 11 Rokaat adalah menyalahi Sunnah dan menghilangkan pahala. Perbuatan ini juga menyalahi perbuatan Salafussholih. Para sahabat yang sholat bersama nabi shollallahu Alaihi Wasallam tidak meninggalkan jamaah lebih dahulu dan mereka menuruti Imam mereka sekalipun ia menambahkan dari apa yang menurut mereka disyariatkan.

Sesungguhnya Shahabat Utsaman Radiyallahu anhu diingkari oleh para sahabat ketika ia melakukan Sholat secara sempurna di Mina, tetapi mereka tetap mengikutinya dan mereka berkata: Sesungguhnya khilaf itu adalah sebuah keburukan dan mencabut pahala yang diinginkan karena Nabi shallallahu alaihi Wasallam bersabda: Barangsiapa yang sholat bersama Imam hingga selesai, niscaya ditetapkanbaginya pahala sholat semalam suntuk.

Menambah dari 11 rakaat bukanlah keharaman tapi suatu hal yang boleh. Hal itu karena Rasulullah pernah ditanya oleh seorang laki-laki tentang sholat malam, maka beliau bersabda:

ู…ุซู†ู‰ุŒ ู…ุซู†ู‰ุŒ ูุฅุฐุง ุฎุดูŠ ุฃุญุฏูƒู… ุงู„ุตุจุญ ุตู„ู‰ ูˆุงุญุฏุฉ ูุฃูˆุชุฑุช ู„ู‡ ู…ุง ู‚ุฏ ุตู„ู‰

Shalat malam itu Dua dua, kalau salah seorang diantara kalian khawatir datang shubuh maka sholatlah satu rakat yang menjadi witir bagi sholat yang telah ia kerjakan

Nabi Shallallahu alaihi Wasallam tidak membatasi bilangan rakaatnya. Kalaulah menambah dari sebelas rakaat adalah haram, niscaya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam akan menjelaskannya.
IBNU TAIMIAH
Dalam Kitabnya Majmuโ€™ Al Fatรขwa, 22/272.

ู„ูŽู…ู’ ูŠููˆูŽู‚ู‘ูุชู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠู‡ู ุนูŽุฏูŽุฏู‹ุง ู…ูุนูŽูŠู‘ูŽู†ู‹ุง ุ› ุจูŽู„ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู‡ููˆูŽ โ€“ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ โ€“ ู„ูŽุง ูŠูŽุฒููŠุฏู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ู„ูŽูƒูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุทููŠู„ู ุงู„ุฑู‘ูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฌูŽู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุนูู…ูŽุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃุจูŠ ุจู’ู†ู ูƒูŽุนู’ุจู ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุจูู‡ูู…ู’ ุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠููˆุชูุฑู ุจูุซูŽู„ูŽุงุซู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุฎููู‘ู ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉูŽ ุจูู‚ูŽุฏู’ุฑู ู…ูŽุง ุฒูŽุงุฏูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ุฑู‘ูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุฎูŽูู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฃู’ู…ููˆู…ููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุชูŽุทู’ูˆููŠู„ู ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุฉู ุงู„ู’ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู ุซูู…ู‘ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุทูŽุงุฆูููŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽูู ูŠูŽู‚ููˆู…ููˆู†ูŽ ุจูุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู†ูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ูˆูŽูŠููˆุชูุฑููˆู†ูŽ ุจูุซูŽู„ูŽุงุซู ูˆูŽุขุฎูŽุฑููˆู†ูŽ ู‚ูŽุงู…ููˆุง ุจูุณูุชู‘ู ูˆูŽุซูŽู„ูŽุงุซููŠู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽูˆู’ุชูŽุฑููˆุง ุจูุซูŽู„ูŽุงุซู ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูู„ู‘ูู‡ู ุณูŽุงุฆูุบูŒ ููŽูƒูŽูŠู’ููŽู…ูŽุง ู‚ูŽุงู…ูŽ ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ูˆูุฌููˆู‡ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ . ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ูŠูŽุฎู’ุชูŽู„ููู ุจูุงุฎู’ุชูู„ูŽุงูู ุฃูŽุญู’ูˆูŽุงู„ู ุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ููŠู†ูŽ ููŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠู‡ูู…ู’ ุงุญู’ุชูู…ูŽุงู„ูŒ ู„ูุทููˆู„ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ู ููŽุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ู ุจูุนูŽุดู’ุฑู ุฑูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ูˆูŽุซูŽู„ูŽุงุซู ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูŽุง . ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ููˆุง ู„ูŽุง ูŠูŽุญู’ุชูŽู…ูู„ููˆู†ูŽู‡ู ููŽุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ู ุจูุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู ุจูู‡ู ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุณูŽุทูŒ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู†ูŽ ูˆูŽุฅูู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ุจูุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู†ูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง ุฌูŽุงุฒูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ . ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ู†ูŽุตู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุบูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉู ูƒูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู . ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุธูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู‚ููŠูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูููŠู‡ู ุนูŽุฏูŽุฏูŒ ู…ููˆูŽู‚ู‘ูŽุชูŒ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู„ูŽุง ูŠูุฒูŽุงุฏู ูููŠู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู†ู’ู‚ูŽุตู ู…ูู†ู’ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎู’ุทูŽุฃูŽ
โ€œShalat malam di bulan Ramadhan tidaklah dibatasi oleh Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dengan bilangan tertentu. Yang dilakukan oleh Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam adalah beliau tidak menambah di bulan Ramadhan atau bulan lainnya lebih dari 13 rakaโ€™at. Akan tetapi shalat tersebut dilakukan dengan rakaโ€™at yang panjang. Tatkala โ€˜Umar mengumpulkan manusia dan Ubay bin Kaโ€™ab ditunjuk sebagai imam, dia melakukan shalat sebanyak 20 rakaโ€™at kemudian melaksanakan witir sebanyak tiga rakaโ€™at. Namun ketika itu bacaan setiap rakaโ€™at lebih ringan dengan diganti rakaโ€™at yang ditambah. Karena melakukan semacam ini lebih ringan bagi makmum daripada melakukan satu rakaโ€™at dengan bacaan yang begitu panjang.

Sebagian salaf pun ada yang melaksanakan shalat malam sampai 40 rakaโ€™at, lalu mereka berwitir dengan 3 rakaโ€™at. Ada lagi ulama yang melaksanakan shalat malam dengan 36 rakaโ€™at dan berwitir dengan 3 rakaโ€™at.

Semua jumlah rakaโ€™at di atas boleh dilakukan. Melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan dengan berbagai macam cara tadi itu sangat bagus. Dan memang lebih utama adalah melaksanakan shalat malam sesuai dengan kondisi para jamaโ€™ah. Kalau jamaโ€™ah kemungkinan senang dengan rakaโ€™at-rakaโ€™at yang panjang, maka lebih bagus melakukan shalat malam dengan 10 rakaโ€™at ditambah dengan witir 3 rakaโ€™at, sebagaimana hal ini dipraktekkan oleh Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam sendiri di bulan Ramdhan dan bulan lainnya. Dalam kondisi seperti itu, demikianlah yang terbaik.

Namun apabila para jamaโ€™ah tidak mampu melaksanakan rakaโ€™at-rakaโ€™at yang panjang, maka melaksanakan shalat malam dengan 20 rakaโ€™at itulah yang lebih utama. Seperti inilah yang banyak dipraktekkan oleh banyak ulama. Shalat malam dengan 20 rakaโ€™at adalah jalan pertengahan antara jumlah rakaโ€™at shalat malam yang sepuluh dan yang empat puluh. Kalaupun seseorang melaksanakan shalat malam dengan 40 rakaโ€™at atau lebih, itu juga diperbolehkan dan tidak dikatakan makruh sedikitpun. Bahkan para ulama juga telah menegaskan dibolehkannya hal ini semisal Imam Ahmad dan ulama lainnya.

Oleh karena itu, barangsiapa yang menyangka bahwa shalat malam di bulan Ramadhan memiliki batasan bilangan tertentu dari Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam sehingga tidak boleh lebih atau kurang dari 11 rakaโ€™at, maka sungguh dia telah keliru.
Dalam kitab yang sama juz 23 hal 112 Ibnu Taimiah juga mengatakan :

ู‚ูŽุฏู’ ุซูŽุจูŽุชูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูุจูŽูŠ ุจู’ู†ู ูƒูŽุนู’ุจูุŒ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู…ู ุจูุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽูŠููˆูŽุชู‘ูุฑู ุจูุซูŽู„ุงูŽุซู ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ูƒูŽุซููŠุฑูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ู„ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู…ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูู‡ูŽุงุฌูุฑููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ุงูŽู†ุตูŽุงุฑู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูู†ูƒูุฑูู‡ู ู…ูู†ูƒูุฑูŒ.
โ€œTelah thabit sesungguhnya Ubay ibn Kaโ€™ab telah mendirikan (sholat Tarawih) bersama orang ramai sebanyak 20 rakaat pada bulan Ramadhan dan dia sholat Witir dengan 3 rakaat. Maka orang ramai melihat perbuatan itu adalah sebagai sunnah kerana bahawasanya dia mendirikannya di antara sahabat dari Muhajirin dan Anshar dan tidak ada seorangpun yang menegahnya.โ€
Abdul Aziz bin Abdullah Bin Baz
Majmuโ€™ Fatawa wa Maqalat Mutanawwiโ€™ah XV/19

ูˆู…ู† ุชุฃู…ู„ ุณู†ุชู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู… ุฃู† ุงู„ุฃูุถู„ ููŠ ู‡ุฐุง ูƒู„ู‡ ู‡ูˆ ุตู„ุงุฉ ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉุŒ ุฃูˆ ุซู„ุงุซ ุนุดุฑุฉ ุฑูƒุนุฉุŒ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ูˆุบูŠุฑู‡ุ› ู„ูƒูˆู† ุฐู„ูƒ ู‡ูˆ ุงู„ู…ูˆุงูู‚ ู„ูุนู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุบุงู„ุจ ุฃุญูˆุงู„ู‡ุŒ ูˆู„ุฃู†ู‡ ุฃุฑูู‚ ุจุงู„ู…ุตู„ูŠู† ูˆุฃู‚ุฑุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฎุดูˆุน ูˆุงู„ุทู…ุฃู†ูŠู†ุฉ ุŒ ูˆู…ู† ุฒุงุฏ ูู„ุง ุญุฑุฌ ูˆู„ุง ูƒุฑุงู‡ูŠุฉ ูƒู…ุง ุณุจู‚.
โ€œBarangsiapa yang memikirkan sunnah beliau shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dia akan tahu bahwa yang afdhal (lebih utama) dalam ini semua adalah shalat Tarawih sebanyak 11 rakaat atau 13 rakaat, baik dalam bulan Ramadhan maupun yang lainnya. Yang demikian karena itu sesuai dengan perbuatan Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dalam kebanyakan kondisi beliau, dan karena itu lebih meringankan bagi para jamaโ€™ah, serta lebih dekat kepada khusyuโ€™ dan thumaโ€™ninah. Namun barangsiapa yang menambah lebih dari itu maka tidak ada mengapa dan tidak dibenci sebagaimana telah lewat penjelasan (dalil-dalilnya.โ€
โ€ฆ. ูˆุงู„ุซู„ุงุซ ูˆุงู„ุนุดุฑูˆู† ูุนู„ู‡ุง ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูˆุงู„ุตุญุงุจุฉ ูู„ูŠุณ ููŠู‡ุง ู†ู‚ุต ูˆู„ูŠุณ ููŠู‡ุง ุฅุฎู„ุงู„ ุจู„ ู‡ูŠ ู…ู† ุงู„ุณู†ู†- ุณู†ู† ุงู„ุฎู„ูุงุก ุงู„ุฑุงุดุฏูŠู†- ูˆุฏู„ ุนู„ูŠู‡ุง ุญุฏูŠุซ ุงุจู† ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ((ุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ ู…ุซู†ู‰ ู…ุซู†ู‰ ูุฅุฐุง ุฎุดูŠ ุฃุญุฏูƒู… ุงู„ุตุจุญ ุตู„ู‰ ูˆุงุญุฏุฉ ุชูˆุชุฑ ู„ู‡ ู…ุง ู‚ุฏ ุตู„ู‰)) ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡ุ› ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู… ูŠุญุฏ ููŠู‡ ุนุฏุฏุงู‹ ู…ุนูŠู†ุงู‹ ุจู„ ู‚ุงู„: ((ุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ ู…ุซู†ู‰ ู…ุซู†ู‰)) ุงู„ุญุฏูŠุซ. ู„ูƒู† ุฅุฐุง ุงู‚ุชุตุฑ ุงู„ุฅู…ุงู… ููŠ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุนู„ู‰ ุฅุญุฏู‰ ุนุดุฑุฉ ุฃูˆ ุซู„ุงุซ ุนุดุฑุฉ ูƒุงู† ุฃูุถู„ ูŠุณู„ู… ู…ู† ูƒู„ ุซู†ุชูŠู†ุ› ู„ุฃู† ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุบุงู„ุจ ู…ู† ูุนู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆู„ุฃู† ุฐู„ูƒ ู‡ูˆ ุงู„ุฃุฑูู‚ ุจุงู„ู†ุงุณ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ูˆููŠ ุบูŠุฑู‡ุŒ ูˆู…ู† ุฒุงุฏ ุฃูˆ ู†ู‚ุต ูู„ุง ุญุฑุฌุ› ู„ุฃู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ ู…ูˆุณุน ููŠู‡ุงุŒ ูˆุงู„ู„ู‡ ูˆู„ูŠ ุงู„ุชูˆููŠู‚.
Shalat tarawih 23 rakaat pernah dilakukan oleh Umar Radhiallahuโ€™anhu dan sahabat yang lain. Dan ini bukanlah keburukan, bukan pula kebidโ€™ahan, bahkan shalat tarawih 23 rakaat adalah sunnah Khulafa Ar Rasyidin. Hal ini memiliki dalil dari hadits Ibnu Umar Radhiallahuโ€™anhuma, dari Nabi Shallallahuโ€™alaihi Wasallam:

โ€œShalat malam itu dua rakaat-dua rakaat. Jika engkau khawatir akan datanya fajar maka shalatlah 1 rakaat agar jumlah rakaatnya ganjilโ€ (Muttafaqun โ€˜ilaihi)

Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi Wasallam tidak membatasi rakaat shalat malam dengan batasan jumlah tertentu, namun yang beliau katakan:
โ€œShalat malam itu dua rakaat-dua rakaatโ€

Namun memang lebih afdhal jika imam mengerjakan shalat tarawih sebanyak 11 rakaat atau 13 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat. Karena inilah yang paling sering dipraktekan Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi Wasallam pada shalat malamnya. Alasan lain, karena shalat tarawih 11 atau 13 rakaat lebih sesuai dengan kondisi kebanyakan orang (tidak terlalu berat, pent) di bulan Ramadhan ataupun di luar bulan Ramadhan. Namun bila ada yang melakukannya lebih dari itu, atau kurang dari itu, tidak masalah. Karena perkara rakaat tarawih adalah perkara yang longgarโ€.

0 komentar:

Post a Comment

:) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.

 
Top