manakib
“Hakim Melayu Zaman Pemerintahan Sultan ‘Abdul Hamid Halim Syah Kedah”

Sayyid Hasan bin Muhammad bin ‘Ali bin ‘Alwi bin ‘Ali bin Husein Baroqbah dilahirkan di Madura sekitar tahun 1868 M. Ayahanda beliau Sayyid Muhammad bin ‘Ali Baroqbah tinggal didua kota yakni Palembang dan Surabaya/Sumenep. Bunda beliau Nafisah meninggal dunia semasa umur beliau 8 tahun. Sewaktu itu ayah beliau berada di Palembang. Sebelum beliau meninggal, Sayyid Muhammad telah berpesan kepada anak sulungnya Sayyid Utsman supaya pergi ke Madura untuk mengambil adiknya Sayyid Hasan dan membawa pulang ke Palembang, hidup bersama keluarganya disana.

Sayyid Muhammad mempunyai 3 orang anak lelaki yaitu Sayyid Utsman, Sayyid Hasan dan Sayyid Husein, dan 4 orang anak perempuan yaitu Syarifah Ruqoyyah (kawin dengan Habib Seggaf bin Ahmad Syahab), Syarifah ‘Alawiyah (kawin dengan Habib Zein bin ‘Abdullah Al Hadi), Syarifah Nur (kawin dengan Habib Muhammad Al Kaff) dan Syarifah Sidah.

Perbedaan umur antara Sayyid Utsman dan Sayyid Hasan adalah 20 tahun. Pada tahun 1878 Sayyid Utsman bersama-sama adiknya Sayyid Hasan berhijrah ke Kedah. Semasa itu sudah ada keluarga ‘Alawiyyin yang menetap di Kedah, walaupun tidak begitu besar bilangannya diantaranya Bangsa Jamalullail, Syahabuddin, Al Qodri, Bin Yahya, Al Jufri dan lain-lain.

Sayyid Hasan dibesarkan oleh kakak angkat beliau yaitu Tengku Sa’adah adik ipar Sultan ‘Abdul Hamid. Beliau belajar di Sekolah Melayu di kota Star dan pada waktu yang sambil bekerja sambilan sebagai 'ticket conductor' di Kuala Kedah untuk membiayai sekolah beliau.

Menurut anak Sayyid Hasan yaitu Sayyid Agil Baroqbah, semasa bertugas didalam Kedah Civil Service, Sayyid Hasan belajar sempat belajar di Madrasah Al Hamidiah di Limbong Kapal dibawah yang dipimpin oleh Syeikh Sulaiman Sidiq.
Isteri pertama beliau ialah Syarifah Nur binti Sayyid Syech bin Yahya. Sayyid Syech ini beliau berasal dari Palembang dan berhijrah ke Kedah sekitar tahun 1890an. Beliau kawin dengan janda dari Muhammad Samman (Perdana Menteri Kedah) yaitu Kamaliah binti Muhammad Akib bin Dato' Seri Paduka Laksamana.

Dengan Syarifah Nur beliau memiliki 8 orang anak diantaranya:

1.Sayyid Ahmad (kawin dengan Syarifah Sa'adiah bin Zein Syahabuddin dan memiliki 11 orang anak yaitu Sayyid Utsman, Sayyid Zubir, Syarifah Syam, Sayyid Husein, Sayyid Mahazir, Sayyid Hasan, Syarifah Pok, Sayyid Hamzah, Syarifah Faridah, Syarifah Aminah, Syarifah Asma dan Sayyid Harun.

2. Sayyid Muhammad (kawin dengan Syarifah Ruqoyyah Al Qadri dan memiliki 1 anak lelaki dan 4 anak perempuan.

3. Sayyid ‘Ali (kawin dengan Syarifah Ruqoyyah bin Ahmad Al Jufri dan memiliki 3 anak yaitu Sayyid Syahabuddin, Syarifah Zawiyah dan Syarifah Sepora.

4. Sayyid ‘Alwi (kawin dengan Syarifah Maharom dan Syarifah Chik dan memiliki 6 anak yaitu Sayyid Ja’afar, Sayyid ‘Umar, Sayyid Abu Bakar, Sayyid Hasan, Syarifah ‘Aisyah dan Syarifah Rodziah.

5. Sayyid Zein (kawin dengan Syarifah Ruqoyyah dan memiliki 5 anak yaitu Sayyid Nuh, Syarifah Fatimah, Sayyid Sholeh, Sayyid Hud,Syarifah Zamrud.

6. Syarifah Mastura

7. Syarifah Mahani

8. Sayyid Syech,( kawin dengan Syarifah Fatimah bin Ahmad Al Jufri dan memiliki 6 anak yaitu Sayyid Farouq, Sayyid Faisal, Sayyid Fauzi, Sayyid Fakhri, Syarifah Faizah dan Syarifah Faridah.
Isteri kedua beliau Chek Sawi tidak mempunyai zuriat. Setelah Syarifah Nur meninggal Sayyid Hasan kawin dengan Syarifah Salmah binti Sayyid Hasyim bin Yahya sekitar tahun 1910/11. Pada masa itu beliau sudah memegang jabatan Hakim Melayu.

Dengan Syarifah Salmah beliau dikaruniai 11 orang anak diantaranya:

1. Syarifah Maryam (kawin dengan Sayyid Utsman Baroqbah.

2. Syarifah Zahro’(kawin dengan Sayyid Salim Baroqbah. Dan memiliki 10 anak yaitu Sayyid Hamzah, Sayyid Kholid, Syarifah Rofi’ah,Syarifah Shifa, Syarifah Rahmah, Syarifah Azizah, Syarifah Zaitun, Syarifah Nur, Sayyid Muhsin dan Sayyid Azizan.

3. Syarifah Sofiah (kawin dengan Sayyid ‘Alwi Al Kaff

4. Syarifah Sholehah (kawin dengan Sayyid ‘Alwi Baroqbah dan memiliki 10 anak yaitu Syarifah Lathifah, Sayyid Salim, Syarifah Rosyada, Sayyid Anwar, Syarifah Maryam, Sayyid ‘Abdullah, Syarifah Anizah, Sayyid Zainal Rosyid, Syarifah Syahrizah dan Syarifah Syahiran.

5. Syarifah Hasyimah (kawin dengan Sayyid Abu Bakar Al ‘Idrus

6. Syarifah Rosyidah (kawin dengan Sayyid Ahmad Al Kaff

7. Syarifah Maznah (kawin dengan Sayyid Ahmad Baroqbah dan memilki 16 anak yaitu Sayyid Abu Bakar, Sayyid Faisal, Syarifah Hindun, Syarifah Mahani, Syarifah Loklok, Syarifah Musyida, Syarifah Muniroh, Syarifah Noriah, Syarifah Asma, Sayyid Syahar, Sayyid Mukhtar, Syarifah Husna, Sayyid Husni, Sayyid Sobri, Sayyid Nazri dan Syarifah Adila.

8. Syarifah Nafisah (kawin dengan Sayyid Utsman Al Kaff dan memiliki 10 anak yaitu Sayyid Ahmad, Syarifah Fauziah, Syarifah Faizah, Syarifah faridah, Sayyid Mahadi, Sayyid Iskandar, Sayyid Muhammad Anis, Syarifah Fazlina, Syarifah Arfah dan Syarifah Khadijah.

9. Sayyd Agil (kawin dengan Syarifah Maznah bin Abu Bakar Al Kaff dan memilki 9 anak yaitu Syarifah Anisah, Sayyid Azhar, Syarifah Maryam, Syarifah Muniroh, Syarifah Hafizah, Sayyid Hidzir, Sayyid Anas, Syarifah Suffiah dan Sayyid Hasan.

10. Sayyid Hasyim (kawin dengan Syarifah Mahani dan memiliki 2 anak yaitu Sayyid Thohir dan Sayyid Sa’ad.

11. Sayyid ‘Idrus (kawin dengan Syarifah Hasnah binti Sayyid Salim Al Qodri dan memiliki 3 anak yaitu Sayyid Muhammad Haris, Sayyid Hamdan dan Syarifah Nurzihan.

Sayyid Hasan juga memiliki beberapa tugas diluar profesi sebagai hakim yaitu diantaranya sebagai Ahli Majlis State Council yang dipimpin oleh Tengku Mahmud sebagai Presiden.

Menurut cerita Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Ahmad Baroqbah (cucu Sayyid Hasan Baroqbah) pada tahun 1920an dan seterusnya, Sayyid Hasan telah menjemput beberapa orang keluarga dari Palembang datang untuk menetap di Kedah. Sayyid ‘Abdullah bin Sayyid ‘Alwi Baroqbah anak oleh saudara Sayyid Hasan,mereka datang berlima, isterinya Syarifah ‘Aisyah, ibunya Syarifah Maimunah, Syarifah Halimah adiknya Syarifah ‘Aisyah dan dua orang anak Sayyid ‘Abdullah yaitu Sayyid Ahmad dan Sayyid ‘Alwi.

Sayyid ‘Alwi bin Sayyid ‘Abdullah kawin dengan Syarifah Sholehah binti Sayyid Hasan pada waktu itu dan Sayyid Ahmad bin Sayyid ‘Abdullah pun juga kawin dengan Syarifah Maznah binti Sayyid Hasan.

Anak Sayyid Utsman(abang Sayyid Hasan) yang bernama Sayyid Ibrohim yang telah dibesarkan di Palembang ikut juga berhijrah ke Kedah, diikuti dengan anaknya Sayyid ‘Abdurrohman sekeluarga yang bermukim di Banjarmasin.

Sayyid Salim bin Sayyid Ibrohim telah dikawinkan dengan Syarifah Zahro’ binti Sayyid Hasan. Dan anak perempuan Sayyid Hasan yang lain, yang juga telah dikawinkan dengan keluarga ‘Alawiyyin Palembang termasuk Syarifah Sofiah kawin dengan Sayyid ‘Alwi Al Kaff, Syarifah Rosyidah kawin dengan Sayyid Ahmad Al Kaff, Syarifah Nafisah kawin dengan Sayyid Utsman Al Kaff dan Syarifah Hasyimah kawin dengan Sayyid Abu Bakar Al ‘Idrus.

Sayyid Hasan bin Sayyid Muhammad Baroqbah meninggal di Pulau Pinang pada tahun 1931 dan dikebumikan di Pekuburan Islam Bayan Lepas.

Leluhur Sayyid Hasan Baroqbah yang berhijrah ke Nusantara dari Tarim Yaman ialah Sayyid Husein bin Sayyid Ahmad bin ‘Abdurrohman bin Ahmad bin ‘Abdurrohman bin ‘Umar bin ‘Abdurrohman bin ‘Umar Baroqbah bin Sayyid Ahmad Al Aksah bin Muhammad bin Abdullah Ba‘Alawi bin ‘Alwi Al Ghoyur bin Muhammad Al Faqih Muqoddam bin ‘Ali bin Muhammad Shohib Mirbat bin ‘Ali Khola’ Qasam bin ‘Alwi bin ‘Ubaidillah bin Ahmad Al Muhajir bin ‘Isa Ar Rumi bin Muhammad An Naqib bin ‘Ali Uraidhi bin Ja'far As Sodiq bin Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal ‘Abidin bin Husein bin ‘Ali bin Abi Tholib dan Sayyidatina Fatimah Az Zahro binti Rosulillah Saw.

Habib Husein Baroqbah meninggalkan kota Tarim menuju ke India bersama abang beliau yang bernama Habib Zein bin Ahmad Baroqbah. Mereka berdakwah dibeberapa tempat di India, kemudian Habib Husein melanjutkan perjalanannya ke Indonesia. Beliau menginjakkan kakinya di tanah Aceh dahulu kemudian menuju ke Palembang, Disana beliau diterima baik di lingkungan keraton Sultan dan dihormati sebagai ‘ulama keraton.

Cukup lama Habib Husein menetap di kota Palembang dan beliau telah kawin dengan anak pembesar kesultanan Palembang. Hal ini dapat dimaklumi dan juga dibuktikan dengan penganugerahan gelaran Pangeran kepada cucu beliau yaitu Habib Qasim bin ‘Ali bin Husein Baroqbah oleh Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikromo.

Setelah berada di Palembang selama 20 tahun Sayyid Husein Baroqbah berpindah ke kota Jambi dan menyebar agama Islam selama 35 tahun. Di Jambi beliau telah kawin dengan anak saudagar keturunan Cina yang tinggal ditengah keluarga istana yang bernama Nyai Resek binti Datuk Sintai. Beliau juga berdakwah ke Kepulauan Riau, dan mempunyai hubungan yang rapat dengan kesultanan Siak. Salah seorang anaknya yang bernama Sayyid Sya'ban telah kawin dengan adinda Sultan Syarif ‘Ali Jalil Syaifuddin, Sultan Siak yang ke-VII yang bernama Tengku Long Tieh bin Utsman bin ‘Abdurrohman Syahab.

Sayyid Husein bin Sayyid Ahmad Baroqbah meninggal pada tahun 1760 dan dikebumikan di Pemakaman Tambak kelurahan Tahtul Yaman, kecamatan Pelayangan Seberang Kota Jambi. Makam beliau dikenal sebagai “makam keramat tambak”.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top