AQIDAH
  • Membagi Tauhid menjadi 3 bagian yaitu:
  1. Tauhid Rububiyyah: Dengan tauhid ini, mereka mengatakan bahwa kaum musyrik Mekah dan orang-orang kafir juga mempunyai tauhid.
  2. Tauhid Uluhiyyah: Dengan tauhid ini, mereka menafikan tauhid umat Islam yang bertawassul, beristigathah dan bertabarruk sedangkan ketiga-tiga perkara tersebut diterima oleh jumhur ulama‟ Islam khasnya ulama‟ empat Imam madzhab.
  3. Tauhid Asma’ dan Sifat: Tauhid versi mereka ini bisa menjerumuskan umat islam ke lembah tashbih dan tajsim kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala seperti:
  1. Menterjemahkan istiwa’ sebagai bersemayam/bersila
  2. Merterjemahkan yad sebagai tangan
  3. Menterjemahkan wajh sebagai muka
  4. Menisbahkan jihah (arah) kepada Allah (arah atas – jihah ulya)
  5. Menterjemah janb sebagai lambung/rusuk
  6. Menterjemah nuzul sebagai turun dengan dzat
  7. Menterjemah saq sebagai betis
  8. Menterjemah ashabi’ sebagai jari-jari, dll
  9. Menyatakan bahawa Allah SWT mempunyai “surah” atau rupa
  10. Menambah bi dzatihi haqiqatan [dengan dzat secara hakikat] di akhir setiap ayat-ayat mutashabihat
  • Memahami ayat-ayat mutashabihat secara zhahir tanpa penjelasan terperinci dari ulama-ulama yang mu’tabar
  • Menolak asy-Sya’irah dan al-Maturidiyah yang merupakan ulama’ Islam dalam perkara Aqidah yang diikuti mayoritas umat islam
  • Sering mengkrititik asy-Sya’irah bahkan sehingga mengkafirkan asy-Sya’irah.
  • Menyamakan asy-Sya’irah dengan Mu’tazilah dan Jahmiyyah atau Mu’aththilah dalam perkara mutashabihat.
  • Menolak dan menganggap tauhid sifat 20 sebagai satu konsep yang bersumberkan falsafah Yunani dan Greek.
  • Berlindung di sebalik mazhab Salaf.
  • Golongan mereka ini dikenal sebagai al-Hasyawiyyah, al-Musyabbihah, al-
  • Mujassimah atau al-Jahwiyyah dikalangan ulama’ Ahli Sunnah wal Jama’ah.
  • Sering menuduh bahwa Abu Hasan Al-Asy’ari telah kembali ke mazhab Salaf setelah bertaubat dari mazhab asy-Sya’irah. Menuduh ulama’ asy-Sya’irah tidak betul-betul memahami faham Abu Hasan Al-Asy’ari.
  • Menolak ta’wil dalam bab Mutashabihat.
  • Sering menuduh bahwa mayoritas umat Islam telah jatuh kepada perbuatan syirik.
  • Menuduh bahwa amalan memuliakan Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam [membaca maulid dll] membawa kepada perbuatan syirik.
  • Tidak mengambil pelajaran sejarah para anbiya’, ulama’ dan sholihin dengan
  • dalih menghindari syirik.
  • Pemahaman yang salah tentang makna syirik, sehingga mudah menghukumi orang sebagai pelaku syirik.
  • Menolak tawassul, tabarruk dan istighathah dengan para anbiya’ serta sholihin.
  • Mengganggap tawassul, tabarruk dan istighathah sebagai cabang-cabang syirik.
  • Memandang remeh karamah para wali [auliya’].
  • Menyatakan bahwa ibu bapa dan datuk Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak selamat dari adzab api neraka.
  • Mengharamkan mengucap “radhiallahu ‘anha” untuk ibu Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam, Sayyidatuna Aminah.
SIKAP
  • Sering membid’ahkan amalan umat Islam bahkan sampai ke tahap mengkafirkan mereka.
  • Mengganggap diri sebagai mujtahid atau berlagak sepertinya (walaupun tidak layak).
  • Sering mengambil hukum secara langsung dari al-Qur’an dan hadits (walaupun tidak layak).
  • Sering memtertawakan dan meremehkan ulama’ pondok dan golongan agama yang lain.
  • Ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits yang ditujukan kepada orang kafir sering ditafsir ke atas orang Islam.
  • Memaksa orang lain berpegang dengan pendapat mereka walaupun pendapat itu syaz (janggal).
HADITS
  • Menolak beramal dengan hadis dho’if.
  • Penilaian hadits yang tidak sama dengan penilaian ulama’ hadits yang lain.
  • Mengagungkan Nasiruddin al-Albani di dalam bidang ini [walaupun beliau tidak mempunyai sanad bagi menyatakan siapakah guru-guru beliau dalam bidang hadits. [Bahkan mayoritas muslim mengetahui bahwa beliau tidak mempunyai guru dalam bidang hadits dan diketahui bahawa beliau belajar hadits secara sendiri dan ilmu jarh dan ta’dil beliau adalah mengikut Imam al-Dhahabi].
  • Sering menganggap hadits dho’if sebagai hadits mawdhu’ [mereka mengumpulkan hadits dho’if dan palsu di dalam satu kitab atau bab seolah-olah kedua-dua kategori hadits tersebut adalah sama]
  • Pembahasan hanya kepada sanad dan matan hadits, dan bukan pada makna hadits. Oleh karena itu, pebedaan pemahaman ulama’ [syawahid] dikesampingkan.
AL QUR’AN
  • Menganggap tajwid sebagai ilmu yang menyusahkan dan tidak perlu (Sebagian Wahabi indonesia yang jahil)
FIQIH
  • Menolak mengikuti madzhab imam-imam yang empat; pada hakikatnya mereka bermadzhab “TANPA MADZHAB”
  • Mencampuradukkan amalan empat mazhab dan pendapat-pendapat lain sehingga membawa kepada talfiq [mengambil yang disukai] haram
  • Memandang amalan bertaqlid sebagai bid’ah; mereka mengklaim dirinya berittiba’
  • Sering mengungkit dan mempermasalahkan soal-soal khilafiyyah
  • Sering menggunakan dakwaan ijma’ ulama dalam masalah khilafiyyah
  • Menganggap apa yang mereka amalkan adalah sunnah dan pendapat pihak lain adalah Bid’ah
  • Sering menuduh orang yang bermadzhab sebagai ta’assub [fanatik] mazhab
  • Salah faham makna bid‟ah yang menyebabkan mereka mudah membid‟ahkan orang lain
  • Mempromosikan madzhab fiqh baru yang dinamakan sebagai Fiqh al-Taysir, Fiqh al-Dalil, Fiqh Musoffa, dll [yang jelas keluar daripada fiqh empat mazhab]
  • Sering mewar-warkan agar hukum ahkam fiqh dipermudahkan dengan menggunakan hadis “Yassiru wa la tu’assiru, farrihu wa la tunaffiru”
  • Sering mengatakan bahwa fiqh empat madzhab telah ketinggalan zaman
NAJIS
  • Sebagian mereka sering mempermasalahkan dalil akan kedudukan babi sebagai najis mughallazhah.
  • Menyatakan bahwa bulu babi itu tidak najis karena tidak ada darah yang mengalir.
WUDHU’
  • Tidak menerima konsep air musta’mal.
  • Bersentuhan lelaki dan perempuan tidak membatalkan wudhu’.
  • Membasuh kedua belah telinga dengan air basuhan rambut dan tidak dengan air yang baru.
ADZAN
  • Adzan Juma’at sekali; adzan kedua ditolak
SHALAT
  • Mempromosikan “Sifat Shalat Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam‟, dengan alasan kononnya shalat berdasarkan fiqh madzhab adalah bukan sifat shalat Nabi yang benar
  • Menganggap melafazhkan kalimat “usholli” sebagai bid’ah.
  • Berdiri dengan kedua kaki mengangkang.
  • Tidak membaca “Basmalah‟ secara jahar.
  • Menggangkat tangan sewaktu takbir sejajar bahu atau di depan dada.
  • Meletakkan tangan di atas dada sewaktu qiyam.
  • Menganggap perbedaan antara lelaki dan perempuan dalam shalat sebagai perkara bid‟ah (sebagian Wahabiyyah Indonesia yang jahil).
  • Menganggap qunut Subuh sebagai bid’ah.
  • Menggangap penambahan “wa bihamdihi” pada tasbih ruku’ dan sujud adalah bid’ah.
  • Menganggap mengusap muka selepas shalat sebagai bid’ah.
  • Shalat tarawih hanya 8 rakaat; mereka juga mengatakan shalat tarawih itu sebenarnya adalah shalat malam (shalatul-lail) seperti pada malam-malam lainnya
  • Dzikir jahr di antara rakaat-rakaat shalat tarawih dianggap bid’ah.
  • Tidak ada qadha’ bagi shalat yang sengaja ditinggalkan.
  • Menganggap amalan bersalaman selepas shalat adalah bid’ah.
  • Menggangap lafazh sayyidina (taswid) dalam shalat sebagai bid’ah.
  • Menggerak-gerakkan jari sewaktu tasyahud awal dan akhir.
  • Boleh jama’ dan qashar walaupun kurang dari dua marhalah.
  • Memakai sarung atau celana setengah betis untuk menghindari isbal.
  • Menolak shalat sunnat qabliyyah sebelum Juma’at
  • Menjama’ shalat sepanjang semester pengajian, karena mereka berada di landasan Fisabilillah
DO’A, DZIKIR DAN BACAAN AL-QUR’AN
  • Menggangap do’a berjama’ah selepas shalat sebagai bid’ah.
  • Menganggap dzikir dan wirid berjama’ah sebagai bid’ah.
  • Mengatakan bahwa membaca “Sodaqallahul ‘azhim” selepas bacaan al-Qur’an adalah Bid’ah.
  • Menyatakan bahwa do’a, dzikir dan shalawat yang tidak ada dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai bid’ah.
  • Sebagai contoh mereka menolak Dala’il al-Khairat, Shalawat al-Syifa‟, al-Munjiyah, al-Fatih, Nur al-Anwar, al-Taj, dll.
  • Menganggap amalan bacaan Yasin pada malam Jum’at sebagai bid’ah yang haram.
  • Mengatakan bahwa sedekah atau pahala tidak sampai kepada orang yang telah wafat.
  • Mengganggap penggunaan tasbih adalah bid’ah.
  • Mengganggap zikir dengan bilangan tertentu seperti 1000 (seribu), 10,000 (sepuluh ribu), dll sebagai bid’ah.
  • Menolak amalan ruqiyyah syar’iyah dalam pengobatan Islam seperti wafa‟, azimat, dll.
  • Menolak dzikir isim mufrad: Allah Allah.
  • Melihat bacaan Yasin pada malam nisfu Sya’ban sebagai bid’ah yang haram.
  • Sering menafikan dan memperselisihkan keistimewaan bulan Rajab dan Sya’ban.
  • Sering mengkritik keutamaan malam Nisfu Sya’ban.
  • Mengangkat tangan sewaktu berdoa’ adalah bid’ah.
  • Mempermasalahkan kedudukan shalat sunat tasbih.
PENGURUSAN JENAZAH DAN KUBUR
  • Menganggap amalan menziarahi maqam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, para anbiya’, awliya’, ulama’ dan sholihin sebagai bid’ah dan shalat tidak boleh dijama’ atau qasar dalam ziarah seperti ini.
  • Mengharamkan wanita menziarahi kubur.
  • Menganggap talqin sebagai bid’ah.
  • Mengganggap amalan tahlil dan bacaan Yasin bagi kenduri arwah sebagai bid’ah yang haram.
  • Tidak membaca do’a selepas shalat jenazah.
  • Sebagian ulama’ mereka menyeru agar Maqam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dikeluarkan dari masjid nabawi atas alasan menjauhkan umat Islam dari syirik.
  • Menganggap kubur yang bersebelahan dengan masjid adalah bid’ah yang haram.
  • Do’a dan bacaan al-Quran di perkuburan dianggap sebagai bid’ah.
MUNAKAHAT [PERNIKAHAN]
  • Talak tiga (3) dalam satu majlis adalah talak satu (1)
MAJLIS SAMBUTAN BERAMAI-RAMAI
  • Menolak peringatan Maulid Nabi; bahkan menyamakan sambutan Mawlid Nabi dengan perayaan kristen bagi Nabi Isa as.
  • Menolak amalan marhaban para habaib
  • Menolak amalan barzanji.
  • Berdiri ketika bacaan maulid adalah bid’ah
  • Menolak peringatan Isra’ Mi’raj, dll.
HAJI DAN UMRAH
  • Mencoba untuk memindahkan “Maqam Ibrahim as.” namun usaha tersebut telah digagalkan oleh al-Marhum Sheikh Mutawalli Sha’rawi saat beliau menemui Raja Faisal ketika itu.
  • Menghilangkan tanda telaga zam-zam
  • Mengubah tempat sa’i di antara Sofa dan Marwah yang mendapat tentangan ulama’ Islam dari seluruh dunia
PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN
  • Maraknya para professional yang bertitle LC menjadi “ustadz-ustadz‟ mereka (di Indonesia)
  • Ulama-ulama yang sering menjadi rujukan mereka adalah:
  1. Ibnu Taymiyyah al-Harrani
  2. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
  3. Muhammad bin Abdul Wahhab
  4. Sheihk Abdul Aziz bin Baz
  5. Nasiruddin al-Albani
  6. Sheikh Sholeh al-Utsaimin
  7. Sheikh Sholeh al-Fawzan
    dll.
  • Sering mendakwahkan untuk kembali kepada al-Qura’an dan Hadits (tanpa menyebut para ulama’, sedangkan al-Qura’n dan Hadits sampai kepada umat Islam melalui para ulama’ dan para ulama’ juga lah yang memelihara dan menjabarkan kandungan al-Qur’an dan Hadits untuk umat ini)
  • Sering mengkritik Imam al-Ghazali dan kitab “Ihya’ Ulumuddin”
PENGKHIANATAN MEREKA KEPADA UMAT ISLAM
  • Bersekutu dengan Inggris dalam menjatuhkan kerajaan Islam Turki Utsmaniyyah
  • Melakukan perubahan kepada kitab-kitab ulama’ yang tidak sehaluan dengan mereka
  • Banyak ulama’ dan umat Islam dibunuh sewaktu kebangkitan mereka di timur tengah
  • Memusnahkan sebagian besar peninggalan sejarah Islam seperti tempat lahir Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, meratakan maqam al-Baqi’ dan al-Ma’la [makam para isteri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di Baqi’, Madinah dan Ma’la, Mekah], tempat lahir Sayyiduna Abu Bakar dll, dengan hujjah tempat tersebut bisa membawa kepada syirik.
  • Di Indonesia, sebagian mereka dalu dikenali sebagai Kaum Muda atau Mudah [karena hukum fiqh mereka yang mudah, ia merupakan bentuk ketaatan bercampur dengan kehendak hawa nafsu].
TASAWWUF DAN THARIQAT
  • Sering mengkritik bahkan menolak aliran Sufisme dan kitab-kitab sufi yang mu’tabar
  • Sufiyyah dianggap sebagai kesamaan dengan ajaran Budha dan Nasrani
  • Tidak dapat membedakan antara amalan sufi yang benar dan amalan bathiniyyah yang sesat.
Dan Masih banyak lagi yang lainnya yang tidak ter-update karena saking banyaknya, fakta di atas saya rasa cukup untuk menutup pembahasan kali ini mengenai Ciri Ciri Salafy Wahabi.

fakta wahabi

Wallahu a’lam bish-Showab wal hadi ila sabilil haq..!

0 komentar:

Post a Comment

 
Top