Situs Eramuslim.com Al Wahhabi menulis (seperti pada gambar):
"Sebagian besar ulama berpendapat bahwa qunut shalat shubuh itu bukan sunnah. Bahkan Imam Malik mengatakannya bid’ah yang haram dilakukan."
fakta wahabi

****************************
Mari kita uji kebenaran kesimpulan situs Eramuslim.com mengenai Qunut Subuh ini :
****************************

Imam Al-baji Al-maliki dalam kitab Muntaqaa mengatakan:

وَقَدْ اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي الْقُنُوتِ فَذَهَبَ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ إلَى أَنَّ الْقُنُوتَ مَشْرُوعٌ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ وَأَنَّهُ مِنْ فَضَائِلِ الصُّبْحِ .
وَقَالَ أَبُو حَنِيفَةَ وَالثَّوْرِيُّ لَا يَقْنُتُ فِي شَيْءٍ مِنْ الصَّلَاةِ وَإِلَيْهِ ذَهَبَ يَحْيَى بْنُ يَحْيَى اللَّيْثِيُّ مِنْ أَصْحَابِنَا.
Dan para ahli fiqh ikhtilaf dalam masalah Qunut ini, sedangkan pendapat Imam malik dan Syafii mengatakan bahwa Qunut dalam Sholat Subuh itu disyariatkan dan sebagian dari keutamaan Subuh. Sedangkan Abu Hanifah dan Ats-Tauri mengatkan tidak ada qunut dalam sholat.
Bisa cek juga bahwa dalam Kitab Al-Madunah Al-Kubra Lil malik bin Anas (1/192), beliau menyepakatinya :

في المدونة الكبرى (1/192):
(قال: وقال مالك في الرجل يقنت في الصبح قبل الركوع
قال: وقال مالك فيمن نسي القنوت في صلاة الصبح، قال: لا سهو عليه.
Imam malik berkata : qunut subuh sebelum ruku'
dan Imam malik berkata : jika seseorang lupa membaca qunut dalam sholat subuh maka tidak perlu sujud sahwi (krena menurut beliau bukan sunnah ab'ad, pen.)
وقال ابن رشد في بداية المجتهد في فصل أقوال الصلاة في المسألة التاسعة ، قال : ومذهب مالك أن القنوت في صلاة الصبح مستحب 1/131
Ibnu Rusyd dalm bidayatul mujtahid dalam fashal aqwalus sholat dimasalah ke 9 (1/131), berkata: dan madzhab Maliki sesusungguhnya qunut subuh itu disukai (sunnah).
وذكر الزرقاني في شرح الموطأ في باب القنوت في الصبح أن هذا معتقد مالك القنوت في الصبح 1/223 .
Imam Zarqani dalam Syarah Al-Muwaththa' dalam bab Qunut subuh (1/223), berkata : Imam Malik berkeyakinan (beri'tiqod/berpendapat) ada qunut dalam sholat subuh.
وقال ابن الفاكهاني: القنوت عندنا فضيلة بلا خلاف أعلمه في ذلك في المذهب. ونقل بعضهم عن اللخمي أنه ذكر أنه سنة وقوله: سرا, يعني أن المطلوب في القنوت الإسرار به وهذا هو المشهور ، وقيل: إنه يجهر به.. - مواهب الجليل لشرح مختصر الخليل (2/243)
Ibnul Fakahani Al-maliki: Qunut menurut madzhab kami (Madzhab maliki) merupakan sebuah keutamaan untuk melakukannya tanpa khilaf. dan sebagian dari ulama malikiyah menukil dari Al-Khomi bahwa Qunut itu Sunnah, dan dibaca Sirr (lirih) yakni membaca qunut itu dibaca secara pelan (lirih) itu yang masyhur dan dikatakan pula dibaca Jahr (keras) . (kitab Mukhtashar Al-khalil : 2/243)
Yang saya nukil diatas dari Imam malik dan para ulama' madzhab malikiyah sendiri, walhasil dari bukti bukti diatas, kesimpulan situs eramuslim.com itu dinyatakan KEBOHONGAN BESAR.

Ini menjadi pelajaran bahwa dalam menyebarkan islam jika dilakukan dengan kebohongan dan kebodohan, maka hasilnya akan buruk dan akan terungkap kebohongan itu. walaupun ditutup-tutupi seindah mungkin.

Wassalaam

Aliy Faizal

1 komentar:

  1. Sama dengan soko gurunya Ibnu taimiyah tuduhan terhadap Ja'far Arrozi juga pegikut wahabi yang mengatakan yang katanya pemalsu hadist bisa di klik blogthohiranam.blogspot.com dan qunit subuh.

    ReplyDelete

 
Top