fakta wahabi 

س: هل وصف لنا الرسول صلى الله عليه وسلم صفة الفرق المبتدعة ؟

Soal: Apakah Rasulullah Shollallohu Alaihi Wa Sallam telah menjelaskan kepada kita ciri ciri golongan ahli bid'ah?

ج: نعم، لقد وصف لنا الرسول صفة أهل البدع، أنهم انطلقوا إلى آيات نزلت في المشركين فحملوها على المؤمنين كمثل قوله تعالى: { فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا (18) } وقوله تعالى: { فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَداً } ، وقوله تعالى: { وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ } وقوله: { إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ } ، وأشباه ذلك من الآيات الصريحة في المشركين الذين يعتقدون ألوهية غير ذلك واستحقاقه العبادة.

Jawab:Iya, Rasulullah SAW, telah menjelaskan kepada umatnya tentang ciri ciri golongan bid'ah, golongan yang membuat buat ketentuan baru. Ciri mereka adalah menggunakan dalil ayat-ayat Alqur'an yang di turunkan berkaitan dengan orang orang musyrik pada orang orang Mukmin, seperti ayat Alqur'an:

"Maka Janganlah kamu menyeru (menyembah) tuhan yang lain di samping Allah"
(QS. 26, Asy Syu'ara:213)
"Maka janganlah kamu menyembah seorangpun di samping (menyembah) Allah"
(QS.72, al-Jin:213)
"Dan janganlah kamu menyembah apa apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah"
(QS.1O, Yunus:106)
"Sesungguhnya berhala berhala yang kalian seru selain Allah itu adalah makhluk yang serupa dengan kalian"
(QS. 7, al-A'raf:194)

Dan ayat ayat lain seperti tersebut yang jelas jelas untuk orang orang musyrik yang meyakini atau mempercayai ketuhanan selain Allah dan keberhakkannya di sembah.

قال العلماء نفع الله بهم: وكلامهم هذا كله تلبيس في الدين وتضليل على عوام المسلمين، فإنَّ أحداً من المؤمنين الموحدين لم يعتقد هذا الاعتقاد أصلاً فكيف يجعلونهم بمنزلة هؤلاء المشركين سبحانك هذا بهتان عظيم .

Para ulama memberi komentar golongan yang memiliki sikap seperti di atas sebagai berikut:

Ucapan mereka (golongan ahli bid'ah) seluruhnya membuat kekaburan dalam agama dan merupakan usaha penyesatan orang orang Islam awam, karena sesungguhnya tak seorangpun orang Mukmin yang bertauhid mempunyai kepercayaan seperti kepercayaan orang orang musyrik. Lalu bagaimana mereka menyamakan orang orang Mukmin dengan orang orang musyrik. Maha Suci Engkau Ya Allah, pendapat tersebut adalah sebuah kebohongan besar.

وقد ذكر العلماء: أنه ليست لهؤلاء الفرقة الشاذة قواعد يستندون إليها ولا شي ء من المذاهب يعولون عليها وإنما أكثرهم من ضعفاء الطلبة الملحقين بالعوام فليسوا ممن يشار إليهم ولا يعدون من علماء الإسلام .

Selanjutnya para Ulama menegaskan, bahwa golongan ahli bid'ah yang 'nyleneh' itu tidak memiliki dasar dasar yang kuat, dan sama sekali bukan dari madzhab yang dapat di pertanggung jawabkan. Umumnya mereka itu golongan terpelajar yang dangkal ilmu pengetahuannya yang sebenarnya layak di kategorikan golongan awam. Mereka itu bukanlah termasuk orang orang yang layak di mintai petunjuk dan bukan pula orang orang yang layak di anggap sebagai ulama dalam Islam.

Sumber :
الكتاب :الأجوبة الغالية في عقيدة الفرقة الناجية - السيد العلامة زين العابدين العلوي : (1/38)

Kitab : al-Ajwibah al-Ghaliyah Fii Aqidah Al-Firqah An-najiyah Karya Al Habib Zainal Abidin bin Ibrahim bin Smith al-Alawi (1/38)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top