tutorial blogspot
Setelah pada postingan lalu saya membahas tentang Cara Mendaftar Blog ke Google Webmaster Tools, pada kesempatan ini secara ringkas saya akan membahas mengenai penjelasan dan manfaat Ping untuk blog / website kita. Melakukan ping juga masih bagian dari optimasi SEO of Page, yaitu optimasi SEO yang dilakukan diluar blog kita. Untuk lebih jelasnya, pertama saya akan menjelaskan definisi dari ping itu sendiri.

Definisi Ping secara umum
Menurut artikel yang saya baca di situs wikipedia, PING merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yaitu program utilitas yang digunakan untuk memeriksa dan menguji Konektivitas jaringan berbasis Teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Definisi Ping dalam Blog atau Website
Di dalam dunia website atau blog ping dapat diartikan sebagai pemberian notifikasi atau pemberitahuan kepada SE ( Search Engine ) bahwa kita telah melakukan pembaharuan informasi pada blog kita, sehingga pembaharuan informasi tersebut dapat secepat mungkin diketahui  dan diindex pada database search engine.

Misalnya :
Kita telah selesai membuat artikel baru di blog kita, Kemudian agar artikel tersebut cepat terindex oleh search engine maka kita harus melakukan ping agar seacrh engine dapat mengetahui bahwa kita telah membuat artikel baru pada blog sehingga seacrh engine dapat sesegera mungkin mengindex artikel yag telah kita buat tadi.

Manfaat Melakukan Ping
Melakukan ping dapat bermanfaat untuk memperepat proses pengindekan suatu konten blog oleh search engine. Memang pada dasarnya konten (artikel) yang ada di blog / website kita akan diindex oleh search engine, tapi kapan? jika kita tidak melakukan ping maka konten yang ada di blog kita akan sulit bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama agat dapat terindex pada database search engine. Nah disinilah peran penting melakukan ping, yaitu untuk mempercepat proses pengindekan suatu konten pada blog kita.

Cara Melakukan Ping
Dalam melakukan ping blog atau website, biasanya kita akan diminta untuk mengisikan data-data blog kita misalnya :

1. URL / Alamat blog
2. Judul Blog
4. Alamat email
5. Alamat RSS Blog

Beberapa Situs Ping Gratisan
Melakukan ping juga dapat kita lakukan secara gratisan, dan ada banyak situs yang menyediakan layanan ping gratis diantaranya adalah :
1. Googleping.com
2. Autoping.com
3. Totalping.com
4. Pingler.com
5. Pingfarm.com
6. Bulkping.com
7. Ping.in
8. Pingoat.com
9. Pingomatic.com
Penting Untuk Diketahui
Tapi ingat, jangan terlalu sering melakukan ping, karena akan dianggap spam oleh search engine. Jadi lakukan ping hanya setiap kali kita telah selesai membuat artikel baru diblog kita.

Demikian tutorial blog yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi blog atau Website anda. Salam blogger

0 komentar:

Post a Comment

 
Top