4. YAHUDI ADALAH BANGSA YANG PERNAH DIUJI DALAM PERBUDAKAN RAJA-RAJA MESIR

seri yahudi
Allah berfirman: "Dan ingatlah ketika Kami menyelamatkan kamu dari pengikut-pengikut Fir'aun, mereka menimpakan siksa yang kejam, menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan dalam hal itu terdapat ujian besar dari Tuhan kamu" (Al -Baqarah:49).

Kepada orang-orang Yahudi yang hidup dimasa turunnya Al-Qur'an, Allah menyebut-nyebut tentang nikmat-nikmat-Nya yang pernah dialami oleh nenek moyang mereka. Karena pemberian nikmat kepada suatu ummat merupakan pemberian kepada segenap perorangannya baik yang mengalami nikmat itu ataupun yang tidak, sebab peninggalan yang ada di kalangan ummat itu akan diwarisi oleh generasi berikutnya.

Berbagai macam bencana yang diingatkan kepada kaum Yahudi dalam Al-Qur'an adalah bencana yang telah menimpa bangsa ini akibat perbuatan yang dikerjakan oleh segenap orang Yahudi.

Para ahli sejarah menceritakan bahwa orang pertama dari kalangan Bani Israil yang masuk ke Mesir ialah Nabi Yusuf as., kemudian datang saudara-saudaranya bergabung kepadanya. Lalu mereka berkembang biak dan dalam masa empat ratus tahun mencapai jumlah enam ratus ribu orang, yaitu ketika mereka keluar dari Mesir karena penindasan Fir'aun dan kaumnya. Karena ketika itu Fir'aun melihat bertambah banyaknya kaum Yahudi di negerinya mendesak Mesir, maka ia mulai membudakkan mereka, dan memaksa kerja berat dalam pelbagai bidang pekerjaan dan perusahaan. Akan tetapi sekalipun begitu, jumlah mereka semakin bertambah di samping tetap berpegang kepada kebiasaan dan tradisi mereka, tanpa mau berbaur sedikit pun dengan masyarakat Mesir dan tidak berpartisipasi dalam perjuangan mereka, sampai kepada sikap egoisme, enggan dan perasaan lebih tinggi dari bangsa lain, karena keyakinan bahwa mereka bangsa pilihan Tuhan dan manusia yang paling mulia. Kenyataan ini mencemaskan bangsa Mesir dan khawatir kalau kaum Yahudi semakin bertambah besar akan mengalahkan dan merampas negeri mereka. Karena itu bangsa Mesir yang giat, aktif, suka kerja dan berpikiran tajam menjadi susah, lalu berusaha membinasakan mereka dengan jalan membunuh anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka., Kemudian Fir'aun memerintahkan kepada semua kabilah supaya membunuh setiap bayi laki-laki bangsa Israil.

Para ahli sejarah meriwayatkan bahwa ketika. Allah mengutus Musa kepada Fir'aun dan kaumnya, ia mengajak mereka supaya mereka beriman kepada-Nya dan Musa minta kepada mereka agar membebaskan Bani Israil, tidak menganiaya dan menindas. Tetapi justru Fir'aun menyiksa mereka lebih hebat lagi dan menganiaya mereka dengan lebih kejam.

Hal ini dikuatkan oleh keterangan yang terdapat dalam Kitab Keluaran pada Kitab Taurat, bahwa Allah memberitahukan kepada Musa yang menyatakan bahwa la akan menjadikan hati Fir'aun keras terhadap Bani Israil, akan lebih menganiaya dan tidak akan melepaskan pergi bersama Musa, sampai Allah perlihatkan ayat-ayat-Nya. Sesudah Musa mengajak Fir'aun supaya iman, ia bertambah zalim dan durhaka. Lalu menyuruh kepada orang-orang yang mengerjapaksakan Bani Israil supaya bersikap lebih keras lagi terhadap mereka, tidak memberi upah yang dulu biasanya diberikan sebagai upah kerja bangunan, memaksakan mengumpulkan batu dan mengerjakan semua bangunan yang dibangun tanpa keringanan sedikit pun.

Sumber buku : 76 KARAKTER YAHUDI DALAM AL-QUR’AN - Syaikh Mustafa Al-Maraghi

0 komentar:

Post a Comment

 
Top