fakta wahabi
Al-Imâm asy-Syaikh Tajuddin Abu Nashr Abdul Wahhab ibn Ali ibn Abd al-Kafi as-Subki asy-Syafi’i al-Asy’ari (w 771 H) juga berkeyakinan bahwa Allah ada tanpa tempat dan tanpa arah. Dalam salah satu karyanya yang sangat mashur berjudul Thabaqât asy-Syâfi’iyyah al-Kubrâ beliau mengutip risalah tentang akidah Ahlussunnah yang telah ditulis oleh al-Imâm Fakhruddin ibn Asakir dan memujinya; berkata:

"هذا ءاخر العقيدة، وليس فيها ما يُنكرهسنُي"

“Ini adalah risalah akidah Ahlussunnah yang paling terakhir ditulis (hingga pada masa as-Subki sendiri), dan segala bahasan yang ada di dalamnya tidak ada yang diingkari oleh siapapun yang beraliran Ahlussunnah” [Thabaqât asy-Syâfi’iyyah, j. 8,h. 186].

Beberapa pernyataan yang ditulis Ibn Asakir dalam risalahnya ini tentang masalah kesucian Allah dari arah dan tempat telah kita kutip di atas.

Dalam kitab Thabaqât asy-Syâfi’iyyah,al-Imâm Tajuddin as-Subki selain mengungkap biografi para ulama madzhabasy-Syafi’i terkemuka dari berbagai aspeknya, beliau juga mengutip beberapa risalah Ahlissunnah yang telah ditulis oleh mereka, di antaranya selain risalah karya al-Imâm Ibn Asakir di atas adalah risalah akidah yang ditulis olehal-Imâm Ibn Jahbal tentang penafian tempat dan arah dari Allah. Al-ImâmTajuddin as-Subki sangat gigih membela akidah Ahlussunnah, tentu di dalamnya termasuk pembelaan terhadap akidah tanzîh. Di antara tulisan beliau dalam Thabaqât asy-Syâfi’iyyah tantang akidah tanzîh adalah sebagai berikut:

حَيٌّ عَليْمٌ قَادِرٌ مُتَكَلِّمُ      عَالٍ وَلاَ نَعْنِي عُلُوَّ مَكَانِ

“Dia Allah maha hidup, maha mengetahui, maha berbicara, dan maha tinggi, tapi maha tinggi yang kami maksud bukan dalam pengertian ketinggian tempat”  [Ibid,j. 3, h. 381, dalam penulisan biografi Al-ImâmAbul Hasan al-Asy’ari.].

Pada bagian lain dalam kitab yang sama Tajuddinas-Subki berkata:

وَإلَهُـنَا لاَ شَىءَ يُشْبِـهُهُ وَلَيْـ      سَ بِمُشْبِهٍ شَيْئًا مِنَ الْحِدْثَانِ

قَدْ كَانَ مَا مَعْهُ قَدِيْمًا قَطّ مـِنْ       شَىءٍ وَلَمْ يَبْرَحْ بِلاَ أعْـوَانِ

خَلَقَ الْجِهَاتِ مَعَ الزّمَانِ مَعَ المكَا   نِ الكُلُّ مَخْلُوْقٌ عَلَى الإمْكَانِ

مَا إنْ تَحُلُّ بِهِ الْحَوَادِثُ لاَ وَلاَ     كَلاّ وَلَيْسَ يَحُلُّ فِي الْجِسْمَانِ

“Dan sesungguhnya Tuhan kita tidak ada suatu apapun  yang menyerupai-Nya, dan Dia tidak menyerupai suatu apapun dari segala yang baharu (makhluk).

Dia maha Qadim (tidak memiliki permulaan) dan tidak ada suatu apapun yang qadim bersama-Nya, hanya Dia yang ada (dalam keazalian-Nya tersebut) tanpa teman.

Dia yang menciptakan segala arah dan zaman serta tempat, semua itu adalah ciptaan-Nya sebagai sesuatu yang Mumkin ‘Aqliy (artinya semua tersebut ada dari tidak ada).

Tidaklah segala yang baharu itu (makhluk) menyatu dengan-Nya, sekali-kali tidak, dan tidak, demikian pula tidaklah Dia menyatu dengan segala benda (makhluk) [Ibid, j. 3, h. 382].

0 komentar:

Post a Comment

 
Top