kisah islami

Dalam sebuah riwayat yang panjang diceritakan :

فقد روى ابن المبارك بإسناده عن رجل أنه قال لمعاذ: يا معاذ حدثني حديثا سمعنه من رسول الله صلى الله عليه وسلم، قال: (فبكى معاذ حتى ظننت أنه لا يسكت، ثم سكت، ثم قال: واشوقاه إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وإلى لقائه، ثم قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لي: (يا معاذ، إني محدثك بحديث إن أنت حظفته نفعك عندالله، وإن ضيعته ولم تحفظه انقطعت حجتك عند الله تعالى يوم القيامة يا معاذ إن الله تبارك وتعالى خلق سبعة أملاك قبل أن يخلق السموات والأرض، فجعل لكل سماء من السبع ملكا بوابا عليها،

Dan telah meriwayatkan Ibnul Mubarak dengan sanadnya dari seorang pria, sesungguhnya dia bertanya kepada Mu’adz “Ya mu’adz ceritakanlah padaku satu hadits yang kamu dengarkan dari Rasulullah SAW”, selanjutnya orang itu mengatakan “Mu’adz menangis sampai aku menyangka dia tidak akan berhenti menangis” setelah beberapa lama kemudian Mu’adz berhenti menangis dan berkata: “aku mendengar Rasulullah SAW bersabda kepadaku”, “Yaa Muadz, sesungguhnya aku akan menceritakan sebuah cerita yang jika kamu menjaga cerita ini akan sangat bermanfaat bagimu menurut Allah SWT akan tetapi jika kamu menyia2kan dan tidak menjaganya maka ini menjadi sebab terputusnya hujjahmu menurut Allah SWT padahari kiamat, Yaa Mu’adz sesungguhnya Allah SWT menciptakan 7 malaikat sebelum menciptakan 7 langit dan bumi, kemudian Allah menempatkan 7 malaikat tersebut pada tiap langit sebagai penjaga pintunya.

فتصعد الحفظة بعمل العبد من حين يصبح إلى حين يمسي، له نور كنور الشمس، حتى إذا صعدت به إلى السماء الدنيا زكته وكثرته، فيقول الملك الموكل بها للحفظة: اضربوا بهذا العمل وجه صاحبه، أنا صاحب الغيبة، أمرني ربي ألا أدع عمل من اغتاب الناس يجاوزني إلى غيري، قال: ثم تأتي الحفظة بعمل صالح من أعمال العبد له نور فتزكيه وتكثره حتى تبلغ به إلى السماء الثانية، فيقول لهم الملك الموكل بها: قفوا، واضربوا بهذا العمل وجه صاحبه، إنه أرا بعمله عرض الدنيا، أنا ملك الفخر، أمرني ربي ألا أدع عمله يجاوزني إلى غيري، إنه كان يفتخر على الناس في مجالسهم،

Lalu malaikat Hafadzah mengangkat amal kebaikan orang mulai pagi sampai sore, amal tsbut bercahaya seperti cahaya matahari, sampai ketika malaikat Hafadzah mengangkatnya ke langit dunia (tingkat satu) memuji dan menganggapnya amal yang banyak. Maka Malaikat penjaga langit pertama mengatakan kepada Al-Hafadzah:“pukulkanlah amal ini kepada wajah pemiliknya, aku ini adalah malaikat yang menjaga Ghibah (menggunjing), Tuhanku telah memerintahkan kepadaku agar menolak amal yang suka ghibah dan melarang melewatiku.

Rasulullah bersabda lagi "kemudian datang Al-Hafadzah dengan membawa amal2 baik manusia yang dipuji2 dan dianggap banyak, sampai pada langit kedua, maka malaikat penjaga langit kedua berkata kepada mereka, berhentilah kalian dan pukulkanlah amal ini kepada pemiliknya, karena sesungguhnya orang ini beramal mengharapkan keduniawian. Tuhanku telah memerintahkan kepadaku untuk menolak dan menghalanginya, krena orang yang punya amal ini adalah orang sombong pada sesama manusianya, sedangkan aku adalah malaikat yang menjaga kesombongan.

قال: وتصعد الحفظة بعمل العبد يبتهج نورا، من صدقة وصلا وصيام، قد أعجب الحفظة، فيجاوزون به إلى السماء الثالثة، فيقول لهم الملك الموكل بها: قفوا، واضربوا بهذا العمل وجه صاحبه، أنا ملك الكبر، أمرني ربي ألا أدع عمله يجاوزني إلى غيري؛ إنه كان يتكبرى على الناس في مجالسهم، قال: وتصعد الحفظة بعمل العبد يزهو كما يزهو الكوكب الدري وله دوي من تسبيح وصلاة وصيام وحج وعمرة، حتى يجاوزا به إلى السماء الرابعة، فيقول لهم الملك الموكل بها: قفوا، واضربوا بهذا العمل وجه صاحبه وظهره وبطنه، أنا صاحب العجب، أمرني ربي ألا أدع عمله يجاوزني إلى غيري؛ إنه كان إذا عمل عملا أدخل العجب فيه،

Rasulullah bersabda : " Malaikat Hafadzah kembali mengangkat amal yang memancarkan cahaya dari shodaqoh, sholat dan puasa, sehingga malaikat Al-hafadzahpun takjub melihatnya, hingga melewati langit tingkat tiga, maka malaikat penjaga langit ketiga menyetopnya dan berkata : berhentilah kalian dan pukulkanlah amal ini kepada wajah pemiliknya. Aku ini malaikat penjaga Takabbur, Tuhanku telah memerintahkan kepadaku agar tidak menerima amalnya dan melewati langit ini, krena sesungguhnya pemilik amal ini adalah orang takabbur ditepatnya.

Rasulullah bersabda : "malaikat hafadzah mengangkat amal seseorang yang bersinar terang serta berkelap-kelip seperti bintang2 dan bergemuruh dari amalan tasbih, sholat, puasa, haji dan umroh sehingga dapat melewati langit ke empat, malaikat penjaganya berkata berhentilah kalian dan pukulkanlah amal ini ke wajah, punggung serta perut pemiliknya. Saya adalah malaikat yang menjaga Ujub (takjub akan diri sendiri), Tuhanku telah memerintahkan kepadaku agar tidak menerima amalnya dan melewati langit ini, karena sesungguhnya orang ini kalau berbuat sesuatu selalu ujub, takjub pada diri sendiri.

قال: وتصعد الحفظة بعمل العب حتى يجاوزا به إلى السماء الخامسة كأنه العروس المزفوفة إلى بعلها، فيقول الملك الموكل بها: قفوا واضربوا بهذا العمل وجه صاحبه،ن واحملوه على عاتقه، أنا ملك الحسد، إنه كان يحسد من يتعلم ويعمل بمثل عمله، وكل من كان يأخذ فضلا من العبادة كان يحسدهم، ويقع فيهم، أمرني ربي ألا أدع عمله يجاوزني إلى غيري. قال: وتصعد الحفظة بعمل العبد له ضوء كضوء الشمس، من صلاة وزكاة وحج وعمرة وجهاد وصيام، فيجاوزون به إلى السماء السادسة، فيقول لهم الملك الموكل بها: قفوا واضربوا بهذا العمل وجه صاحبه؛ إنه كان لا يرحم إنسانا قد من عباد الله أصابه بلاء أو مرض، بل كان يشمت به، أنا ملك الرحمة، أمرني ربي ألا أدع عمله يجاوزني إلى غيري،

Rasulllah bersabda: Malaikat hafadzah mengangkat amal sampai ke langit kelima, amal ini diarak dan diiringi bak pengantin perempuan menuju mempelai prianya, akan tetapi malaikat penjaganya berkata : berhentilah dan pukulkan amal ini pada wajah pemiliknya dan beri beban pada pundaknya. Aku ini adalah malaikat yang menjaga Hasad (dengki), sesungguhnya orang pemilik amal ini adalah pendengki kepada orang yang berlajar ilmu, kpada orang yang melakukan pekerjaan sepertnya, dan kepada orang yang melakukan keutamaan ibadah. Orang ini dengki pada semua orang. Tuhanku telah memerintahkan kepadaku agar tidak menerima amalnya dan melewati yang lainnya.

Rasulullah bersabda : malaikat hafadzah kembali membawa amal yang terang seperti terangnya rembulan dari amal sholat, zakat, haji, umroh, jihad, dan puasa. Amal ini sampai melewati pada langit tingkat 6, maka malaikat penjaga langit ke 6 pun mengatakan “berhentilah kalian disitu dan lemparkanlah amal ini kepada wajah pemiliknya , karena sesungguhnya pemilik amal ini adalah orang yang tidak belas kasih kepada manusia dan hamba Allah, serta orang2 yang terkena musibah dan orang2 sakit, bahkan sebaliknya dia berkata kasar dan merendahkan mereka. Adapun aku adalah malaikat rahmah (belas kasih), telah memerintahkan Tuhanku agar menolak amal ini dan tidak boleh melewati langit ini.

قال: وتصعد الحفظة بعمل العبد من صوم وصلاة ونفقة وجهاد وورع، له دوي كدوى النحل، وضوء كضوء الشمس، ومعه ثلاثة آلاف ملك، فيجاوزون به إلى السماء السابعة، فيقول لهم الملك الموكل بها: قفوا، واضربوا بهذا العمل وجه صاحبه، واضربوا جوارحه واقفلوا به على قلبه، أنا صاحب الذكر، فإني أحجب عن ربي كل عمل لم يرد به وجه ربي؛ إنه إنما أراد بعمله غير الله تعالى، إنه أراد به رفعة عند الفقهاء، وذكرا عند العلماء، وصيتا في المدائن، أمرني ربي ألا أدع عمله يجاوزني إلى غيري وكل عمل لم يكن لله تعالى خالصا فهو رياء، ولا يقبل الله عمل المرائي..

Rasulullah bersabda: malaikat hafadzah mengangkat amal seorang hamba dari sholat, puasa, nafakah, jihad, wara’, amal ini berderu seperti suara tawon dan bersinar sperti sinar matahari, amal ini diiringi oleh 3.000 malaikat hafadzah dan berhasil menembus langit tingkat 7, maka berkata penjaga langit ke 7 “berhentilah dan pukulkanlah amal ini ke wajah, dan semua anggota badan pemiliknya, serta kuncilah hatinya.Sesungguhnya aku ini adalah malaikat yang menghalangi dari Tuhanku, amal2 yang dilakukan bukan mengharap ridlo Allah, melainkan ridlo yang lain, orang ini dengan ilmunya hanya mengingingkan ketinggian pangkat menurut ahli fiqh, sebutan/kehormatan menurut para ulama’, dan terkenal dibeberapa Negara. Sungguh telah memerintahkan kepadaku untuk menolak amalnya dan menghalanginya agar tidak melewati langit ini. Dan sesungguhnya amal yang bukan karena Allah itu adalah Riya’, dan Allah tidak akan menerima amal orang2 yang riya’.

قال: وتصعد الحفظة بعمل العبد من صلاة وزكاة وصيام وحج وعمرة وخلق حسن وصمت وذكر الله تعالى، فتشيعه ملائكة السموات السبع حتى يقطعوا به الحجب كلها إلى الله تعالى، فتشيعه ملائكة السموات السبع حتى يقطعوا به الحجب كلها إلى الله تعالى، فيقفون بين يديه، ويشهدون له بالعمل الصالح المخلص لله تعالى، فيقول الله تعالى: أنتم الحفظة على عمل عبدي، وأنا الرقيب على ما في قلبه؛ إنه لم يردني بهذا العمل، وإنما أراد به غيري، فعليه لعنتي، فتقول الملائكة كلها: عليه لعنتك ولعنتنا، فتلعنه السموات السبع ومن فيهن)

Rasulullah bersabda : malaikat hafadzah mengangkat lagi amal seorang hamba dari sholat, zakat, puasa, haji, umroh, dan akhlak yang baik, diam, dan dzikir kepada Allah SWT, maka amal ini diiringi oleh para malaikat 7 langit sampai melewati hijab-hijab dan sampai disisi Allah SWT. Maka para malaikat menjadi saksi atas amal sholeh dan iklash karena Allah tersebut, maka Allah SWT berfirman “kalianpara malaikat hanya dapat menilai amal hambaku ini, sedangkan Aku adalah yang menjaga atas apa yang ada didalam hati hamba2ku, sesungguhnya hambaku ini tidak menginginkan ridlo dariku dengan amalnya ini, tetapi mengharapkan ridlo dari yang lainnya, maka la’natKU atasnya. Para Malaikat semuanya berkata LaknatMu dan laknat kami atas orang orang ini dan seluruh langit serta penghuninya melaknatnya.

ثم بكى معاذ، وانتحب انتحابا شديدا، وقال معاذ: قلت يا رسول الله أنت رسول الله وأنا معا، فكيف لي بالنجاة والخلاص من ذلك؟ قال: (اقتد بي وإن كان في عملك نقص، يا معاذ حافظ على لسانك من الوقيعة في إخوانك من حملة القرآن خاصة، واحمل ذنوبك عليك، ولا تحملها عليهم، ولا تزل نفسك بذمهم، ولا ترفع نفسك عليهم، ولا تدخل عمل الدنيا في عمل الآخرة، ولا تراء بعملك، ولا تتكبر في مجلسك، لكي يحذر الناس من سوء خلقك، ولا تناج رجلا وعندك آخر، ولا تتعظم على الناس فتنقطع عنك خيرات الدنيا والآخرة، ولا تمزق الناس بلسانك فتمزقك كلاب النار يوم القيامة في النار،

Maka Mu’adz menangis dgn menjerit-jerit yang keras, dan Mu’dz berkata “aku brtanya kepada Rasulullah, saya hanyalah seorang mu’adz bagaimana caranya agar dapat Ikhlas/tidak riya’ dan selamat dari hal yang sudah disebutkan tadi?. Rasulullah bersabda : ikutilah aku! Dan meskipun dalam amalmu terdapat kekurangannya. Yaa Mu’adz, jagalah lisanmu dari membicarakan/berghibah kpda saudaramu yang membawa Al-Qur’an (membaca dan memperlajarinya) dan bertanggung jawablah atas dosa2mu, janganlah memberi beban kepada saudara2mu, janganlah kamu merasa suci dan merendahkan orang lain, jangan meninggikan/menyombongkan dirimu atas saudara2mu, dan jangan memasukkan pekerjaan dunia kedalam pekerjaan akhirat, jangan riya’ dengan apa yang kamu kerjakan dan janganlah takabbur dalam lingkunganmu agar orang takut akan akhlakmu yang buruk, jangan berbisik pada seseorang disamping orang lain, dan jangan merasa agung atas manusia ini yang menyebababkan terputusnya kebaikan dunia dan akhirat, dan janganlah kamu merobek-robek manusia jika tetep dilakukan maka anjing-anjing neraka akan merobekmu didalam neraka…

(Bidayatul Hidayah : 10-11)

Sumber :
الكتاب : بداية الهداية
المؤلف : أبو حامد الغزالي
Kitab : Bidayatul Hidayah
Penulis : Abu Hamid Al-Ghozali

0 komentar:

Post a Comment

 
Top