
WAHABI: โAnda mengatakan bahwa bacaan Tahlilan telah berkembang sejak abad pertengahan, mana dasarnya?โ
SUNNI: โFenomena bahwa Tahlilan telah berkembang sejak abad pertengahan, diterangkan oleh Syaikh Ibnu Taimiyah dalam fatwanya:
ููุณูุฆููู: ุนููู ุฑูุฌููู ููููููุฑู ุนูููู ุฃููููู ุงูุฐููููุฑู ููููููู ููููู
ู : ููุฐูุง ุงูุฐููููุฑู ุจูุฏูุนูุฉู ููุฌูููุฑูููู
ู ููู ุงูุฐููููุฑู ุจูุฏูุนูุฉู ููููู
ู ููููุชูุชูุญูููู ุจูุงููููุฑูุขูู ููููุฎูุชูุชูู
ูููู ุซูู
ูู ููุฏูุนูููู ููููู
ูุณูููู
ูููู ุงููุฃูุญูููุงุกู ููุงููุฃูู
ูููุงุชู ููููุฌูู
ูุนูููู ุงูุชููุณูุจููุญู ููุงูุชููุญูู
ููุฏู ููุงูุชููููููููู ููุงูุชููููุจููุฑู ููุงููุญูููููููุฉู ููููุตููููููู ุนูููู ุงููููุจูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุโ ููุฃูุฌูุงุจู : ุงููุงุฌูุชูู
ูุงุนู ููุฐูููุฑู ุงูููู ููุงุณูุชูู
ูุงุนู ููุชูุงุจููู ููุงูุฏููุนูุงุกู ุนูู
ููู ุตูุงููุญู ูููููู ู
ููู ุฃูููุถููู ุงููููุฑูุจูุงุชู ููุงููุนูุจูุงุฏูุงุชู ููู ุงููุฃูููููุงุชู ููููู ุงูุตููุญููุญู ุนููู ุงููููุจูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุฃูููููู ููุงูู : ( ุฅููู ูููู ู
ูููุงุฆูููุฉู ุณููููุงุญูููู ููู ุงููุฃูุฑูุถู ููุฅูุฐูุง ู
ูุฑูููุง ุจูููููู
ู ููุฐูููุฑูููู ุงูููู ุชูููุงุฏูููุง ููููู
ูููุง ุฅููู ุญูุงุฌูุชูููู
ู ) ููุฐูููุฑู ุงููุญูุฏููุซู ููููููู ( ููุฌูุฏูููุงููู
ู ููุณูุจููุญููููู ููููุญูู
ูุฏููููู )โฆ ููุฃูู
ููุง ู
ูุญูุงููุธูุฉู ุงููุฅูููุณูุงูู ุนูููู ุฃูููุฑูุงุฏู ูููู ู
ููู ุงูุตููููุงุฉู ุฃููู ุงููููุฑูุงุกูุฉู ุฃููู ุงูุฐููููุฑู ุฃููู ุงูุฏููุนูุงุกู ุทูุฑููููู ุงููููููุงุฑู ููุฒูููููุง ู
ููู ุงูููููููู ููุบูููุฑู ุฐููููู : ููููุฐูุง ุณููููุฉู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ููุงูุตููุงููุญูููู ู
ููู ุนูุจูุงุฏู ุงูููู ููุฏููู
ูุง ููุญูุฏููุซูุง. (ู
ุฌู
ูุน ูุชุงูู ุงุจู ุชูู
ูุฉุ ูขูข/ูฅูขู ).
โIbn Taimiyah ditanya, tentang seseorang yang memprotes ahli dzikir (berjamaah) dengan berkata kepada mereka, โDzikir kalian ini bidโah, mengeraskan suara yang kalian lakukan juga bidโahโ. Mereka memulai dan menutup dzikirnya dengan al-Qurโan, lalu mendoakan kaum Muslimin yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Mereka mengumpulkan antara tasbih, tahmid, tahlil, takbir, hauqalah (laa haula wa laa quwwata illaa billaah) dan shalawat kepada Nabi shallallahu โalaihi wasallam.?โ Lalu Ibn Taimiyah menjawab: โBerjamaah dalam berdzikir, mendengarkan al-Qurโan dan berdoa adalah amal shaleh, termasuk qurbah dan ibadah yang paling utama dalam setiap waktu. Dalam Shahih al-Bukhari, Nabi shallallahu โalaihi wasallam bersabda, โSesungguhnya Allah memiliki banyak Malaikat yang selalu bepergian di muka bumi. Apabila mereka bertemu dengan sekumpulan orang yang berdzikir kepada Allah, maka mereka memanggil, โSilahkan sampaikan hajat kalianโ, lanjutan hadits tersebut terdapat redaksi, โKami menemukan mereka bertasbih dan bertahmid kepada-Muโโฆ Adapun memelihara rutinitas aurad (bacaan-bacaan wirid) seperti shalat, membaca al-Qurโan, berdzikir atau berdoa, setiap pagi dan sore serta pada sebagian waktu malam dan lain-lain, hal ini merupakan tradisi Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam dan hamba-hamba Allah yang saleh, zaman dulu dan sekarang.โ (Majmuโ Fatawa Ibn Taimiyah, juz 22, hal. 520).Pernyataan Syaikh Ibn Taimiyah di atas memberikan kesimpulan bahwa dzikir berjamaah dengan komposisi bacaan yang beragam antara ayat al-Qurโan, tasbih, tahmid, tahlil, shalawat dan lain-lain seperti yang terdapat dalam tradisi tahlilan adalah amal shaleh dan termasuk qurbah dan ibadah yang paling utama dalam setiap waktu.
WAHABI: โMaaf, Anda sepertinya membuang sebagian pernyataan Syaikh Ibnu Taimiyah yang tidak Anda sukai dan merubah status hukum yang Anda klaim. Syaikh Ibnu Taimiyah berkata:
ููููููู ( ููุฌูุฏูููุงููู
ู ููุณูุจููุญููููู ููููุญูู
ูุฏููููู) ูููููู ููููุจูุบูู ุฃููู ููููููู ููุฐูุง ุฃูุญูููุงููุง ููู ุจูุนูุถู ุงููุฃูููููุงุชู ููุงููุฃูู
ูููููุฉู ููููุง ููุฌูุนููู ุณููููุฉู ุฑูุงุชูุจูุฉู ููุญูุงููุธู ุนูููููููุง ุฅูููุง ู
ูุง ุณูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุงููู
ูุฏูุงููู
ูุฉู ุนููููููู ููู ุงููุฌูู
ูุงุนูุงุชูุ ู
ููู ุงูุตููููููุงุชู ุงููุฎูู
ูุณู ููู ุงููุฌูู
ูุงุนูุงุชู ููู
ููู ุงููุฌูู
ูุนูุงุชู ููุงููุฃูุนูููุงุฏู ููููุญููู ุฐููููู. (ู
ุฌู
ูุน ูุชุงูู ุงุจู ุชูู
ูุฉุ ูขูข/ูฅูขู ).
โDalam hadits tersebut: โKami menemukan mereka bertasbih dan memuji-Muโ). Akan tetapi seyogianya hal ini dilakukan kadang-kadang dalam sebagian waktu dan tempat, jadi tidak dijadikan sunnah ratibah, yang dijaga oleh seseorang, kecuali apa yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam untuk dilakukan secara terus menerus dalam jamaah seperti shalat jamaah dalam shalat lima waktu, shalat jumโat, hari raya dan sesamanya.โ (Ibnu Taimiyah, Majmuโ Fatawa juz 22 hal. 520).Pernyataan di atas, tidak Anda kutip dalam buku Anda, BUKU PINTAR BERDEBAT DENGAN WAHABIโ.
SUNNI: โMaaf, Anda sepertinya kurang teliti membaca buku saya. 1) dalam buku saya, saya katakan bahwa tradisi Tahlilan telah berlangsung sejak sebelum Syaikh Ibnu Taimiyah, sesuai dengan fatwa beliau. Saya tidak mengatakan apakah Ibnu Taimiyah setuju atau tidak terhadap Tahlilan. 2) Syaikh Ibnu Taimiyah tidak melarang melakukan Tahlilan secara rutin. Beliau hanya menganjurkan, agar jangan terlalu rutin saja, yakni melakukan Tahlilan kok rutin seperti menunaikan shalat berjamaah lima waktu. Dalam hal ini, Ibnu Taimiyah tidak mengharamkan atau melarang Tahlilan secara rutin. 3) Anjuran Ibnu Taimiyah tersebut agar Tahlilan tidak terlalu rutin, jelas tidak ada dasarnya. Murni pendapat pribadi Ibnu Taimiyah.โ
WAHABI: โMasalahnya Tahlilan belum ada pada masa Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam.โ
SUNNI: โWalaupun Tahlilan belum ada pada masa Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam, Syaikh Ibnu Taimiyah sendiri menganggapnya sebagai amal saleh dalam setiap waktu. Kalau sudah amal saleh, mengapa tidak dirutinkan saja? Bukankah Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam bersabda:
ุนู ุนุงุฆุดุฉ ูุงูุช : ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: ยซ ุฃุญุจ ุงูุฃุนู
ุงู ุฅูู ุงููู ุฃุฏูู
ูุง ุ ูุฅู ูู ยป
โAisyah berkata: โRasulullah shallallahu โalaihi wasallam bersabda: โAmal (saleh) yang paling dicintai oleh Allah adalah yang dilakukan paling rutin, meskipun sedikitโ. (HR. al-Bukhari [6100], Muslim [783], Ahmad [25356], dan al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubra [4342]).Pandangan Ibnu Taimiyah bahwa amal saleh yang tidak ada pada masa Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam tidak boleh dirutinkan, jelas tidak berdalil. Dan dalil hadits, justru sebaliknya, menganjurkan dirutinkan. Pandangan tersebut bertentangan dengan rutinitas Imam Ahmad bin Hanbal dan Syaikh Ibnu Taimiyah sendiri. Al-Imam Ahmad bin Hanbal rutin mendoakan gurunya dalam shalat sebagaimana diriwayatkan oleh al-Hafizh al-Baihaqi berikut ini:
ููุงูู ุงููุฅูู
ูุงู
ู ุฃูุญูู
ูุฏู ุจููู ุญูููุจููู: ุฅูููููู ูุฃูุฏูุนูู ุงูููู ูููุดููุงููุนูููู ูููู ุตููุงูุชููู ู
ูููุฐู ุฃูุฑูุจูุนููููู ุณูููุฉูุ ุฃููููููู: ุงูููููููู
ูู ุงุบูููุฑู ูููู ููููููุงููุฏูููู ููููู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุฅูุฏูุฑูููุณู ุงูุดููุงููุนูููู. (ุงูุญุงูุธ ุงูุจููููุ ู
ูุงูุจ ุงูุฅู
ุงู
ุงูุดุงูุนูุ 2/254).
โAl-Imam Ahmad bin Hanbal berkata: โSaya mendoakan al-Imam al-Syafiโi dalam shalat saya selama empat puluh tahun. Saya berdoa, โYa Allah ampunilah aku, kedua orang tuaku dan Muhammad bin Idris al-Syafiโi.โ (Al-Hafizh al-Baihaqi, Manaqib al-Imam al-Syafiโi, 2/254).Doa seperti itu sudah pasti tidak pernah dilakukan Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam, para sahabat dan tabiโin. Tetapi al-Imam Ahmad bin Hanbal melakukannya selama empat puluh tahun secara rutin.
Sementara Syaikh Ibnu Taimiyah memiliki rutinitas bidโah hasanah yang tidak kalah gemparnya, dan Wahabi sampai saat ini belum mampu, dan tidak akan mampu menjawabnya sampai hari kiamat, menjawab rutinitas Ibnu Taimiyah yang tidak memiliki dasar Sunnah versi Wahabi. Al-Imam Umar bin Ali al-Bazzar, murid Ibnu Taimiyah, berkata dalam al-Aโlam al-โAliyyah fi Manaqib Ibn Taimiyah (hal. 37-39):
ููุฅูุฐูุง ููุฑูุบู ู
ููู ุงูุตูููุงุฉู ุฃูุซูููู ุนูููู ุงูููู ุนูุฒูู ููุฌูููู ูููู ููู
ููู ุญูุถูุฑู ุจูู
ูุง ููุฑูุฏู ู
ููู ูููููููู ุงูููููููู
ูู ุงูููุชู ุงูุณูููุงู
ู ููู
ููููู ุงูุณูููุงู
ู ุชูุจูุงุฑูููุชู ููุง ุฐูุง ุงููุฌููุงููู ููุงููุฅูููุฑูุงู
ู ุซูู
ูู ููููุจููู ุนูููู ุงููุฌูู
ูุงุนูุฉู ุซูู
ูู ููุฃูุชููู ุจูุงูุชูููููููููุงูุชู ุงููููุงุฑูุฏูุงุชู ุญูููููุฆูุฐู ุซูู
ูู ููุณูุจููุญู ุงูููู ููููุญูู
ูุฏููู ููููููุจููุฑููู ุซููุงุซูุง ููุซููุงุซููููู ููููุฎูุชูู
ู ุงููู
ูุงุฆูุฉู ุจูุงูุชูููููููููู ููู
ูุง ููุฑูุฏู ููููุฐูุง ุงููุฌูู
ูุงุนูุฉู ุซูู
ูู ููุฏูุนูู ุงูููู ุชูุนูุงูู ูููู ููููููู
ู ููููููู
ูุณูููู
ููููู. ููููุงูู ููุฏู ุนูุฑูููุชู ุนูุงุฏูุชูููุ ูุงู ูููููููู
ููู ุฃูุญูุฏู ุจูุบูููุฑู ุถูุฑูููุฑูุฉู ุจูุนูุฏู ุตููุงุฉู ุงููููุฌูุฑู ูููุงู ููุฒูุงูู ููู ุงูุฐููููุฑู ููุณูู
ูุนู ููููุณููู ููุฑูุจููู
ูุง ููุณูู
ูุนู ุฐูููุฑููู ู
ููู ุฅูููู ุฌูุงููุจูููุ ู
ูุนู ูููููููู ูููู ุฎููุงููู ุฐููููู ููููุซูุฑู ููู ุชูููููููุจู ุจูุตูุฑููู ููุญููู ุงูุณููู
ูุงุกู. ููููุฐูุงู ุฏูุฃูุจููู ุญูุชููู ุชูุฑูุชูููุนู ุงูุดูู
ูุณู ูููุฒููููู ููููุชู ุงูููููููู ุนููู ุงูุตูููุงุฉู. ููููููุชู ู
ูุฏููุฉู ุฅูููุงู
ูุชููู ุจูุฏูู
ูุดููู ู
ููุงูุฒูู
ููู ุฌูููู ุงููููููุงุฑู ููููุซูููุฑุงู ู
ููู ุงูููููููู. ููููุงูู ููุฏููููููููู ู
ููููู ูุญุชููู ููุฌูููุณููููู ุฅูููู ุฌูุงููุจูููุ ููููููุชู ุฃูุณูู
ูุนู ู
ูุง ููุชููููู ููู
ูุง ููุฐูููุฑู ุญูููููุฆูุฐูุ ููุฑูุฃูููุชููู ููููุฑูุฃู ุงููููุงุชูุญูุฉู ููููููุฑููุฑูููุง ููููููุทูุนู ุฐููููู ุงููููููุชู ููููููู ู ุฃูุนููููู ู
ููู ุงููููุฌูุฑู ุฅูููู ุงุฑูุชูููุงุนู ุงูุดููู
ูุณู ู ูููู ุชูููุฑูููุฑู ุชููุงูููุชูููุง. ูููููููุฑูุชู ูููู ุฐูููููุ ููู
ู ููุฏู ููุฒูู
ู ููุฐููู ุงูุณููููุฑูุฉู ุฏููููู ุบูููุฑูููุงุ ููุจูุงูู ูููู ู ููุงูููู ุฃูุนูููู
ู ู ุฃูููู ููุตูุฏููู ุจูุฐููููู ุฃููู ููุฌูู
ูุนู ุจูุชููุงูููุชูููุง ุญูููููุฆูุฐู ู
ูุง ููุฑูุฏู ููู ุงููุฃูุญูุงุฏูููุซูุ ููู
ูุง ุฐูููุฑููู ุงููุนูููู
ูุงุกู: ูููู ููุณูุชูุญูุจูู ุญูููููุฆูุฐู ุชูููุฏูููู
ู ุงููุฃูุฐูููุงุฑู ุงููููุงุฑูุฏูุฉู ุนูููู ุชููุงูููุฉู ุงููููุฑูุขูู ุฃููู ุงููุนูููุณูุ ูุฑูุฃูู ุฃูููู ููู ุงููููุงุชูุญูุฉู ููุชูููุฑูุงุฑูููุง ุญูููููุฆูุฐู ุฌูู
ูุนุงู ุจููููู ุงูููููููููููู ููุชูุญูุตููููุงู ููููููุถูููููุชูููููุ ููููุฐูุง ู
ููู ูููููุฉู ููุทูููุชููู ููุซูุงููุจู ุจูุตูููุฑูุชูููุ ุงูู (ุนู
ุฑ ุจู ุนูู ุงูุจุฒุงุฑุ ุงูุฃุนูุงู
ุงูุนููุฉ ูู ู
ูุงูุจ ุงุจู ุชูู
ูุฉุ ุต/37-39).
โApabila Ibn Taimiyah selesai shalat shubuh, maka ia berdzikir kepada Allah bersama jamaah dengan doa yang datang dari Nabi shallallahu โalaihi wasallam Allahumma antassalam . . . Lalu ia menghadap kepada jamaah, lalu membaca tahlil-tahlil yang datang dari Nabi shallallahu โalaihi wasallam, lalu tasbih, tahmid dan takbir, masing-masing 33 kali. Dan diakhiri dengan tahlil sebagai bacaan yang keseratus. Ia membacanya bersama jamaah yang hadir. Kemudian ia berdoa kepada Allah SWT untuk dirinya dan jamaah serta kaum Muslimin. Kebiasaan Ibn Taimiyah telah maklum, ia sulit diajak bicara setelah shalat shubuh kecuali terpaksa. Ia akan terus berdzikir pelan, cukup didengarnya sendiri dan terkadang dapat didengar oleh orang di sampingnya. Di tengah-tengah dzikir itu, ia seringkali menatapkan pandangannya ke langit. Dan ini kebiasaannya hingga matahari naik dan waktu larangan shalat habis. Aku selama tinggal di Damaskus selalu bersamanya siang dan malam. Ia sering mendekatkanku padanya sehingga aku duduk di sebelahnya. Pada saat itu aku selalu mendengar apa yang dibacanya dan dijadikannya sebagai dzikir. Aku melihatnya membaca al-Fatihah, mengulang-ulanginya dan menghabiskan seluruh waktu dengan membacanya, yakni mengulang-ulang al-Fatihah sejak selesai shalat shubuh hingga matahari naik. Dalam hal itu aku merenung. Mengapa ia hanya rutin membaca al-Fatihah, tidak yang lainnya? Akhirnya aku tahu โwallahu aโlamโ-, bahwa ia bermaksud menggabungkan antara keterangan dalam hadits-hadits dan apa yang disebutkan para ulama; yaitu apakah pada saat itu disunnahkan mendahulukan dzikir-dzikir yang datang dari Nabi shallallahu โalaihi wasallam daripada membaca al-Qurโan, atau sebaliknya? Beliau berpendapat, bahwa dalam membaca dan mengulang-ulang al-Fatihah ini berarti menggabungkan antara kedua pendapat dan meraih dua keutamaan. Ini termasuk bukti kekuatan kecerdasannya dan pandangan hatinya yang jitu.โKesimpulan dari riwayat ini, sehabis shalat shubuh Ibn Taimiyah berdzikir secara berjamaah, dan berdoa secara berjamaah pula seperti layaknya warga nahdliyyin. Pandangannya selalu diarahkan ke langit (yang ini tidak dilakukan oleh warga nahdliyyin). Sehabis itu, ia membaca surah al-Fatihah hingga matahari naik ke atas.
Tentu saja apa yang dilakukan oleh Ibn Taimiyah ini murni bidโah dari dirinya. Ia menetapkan satu bacaan secara khusus, yaitu surah al-Fatihah, tanpa ada dalil dari Nabi shallallahu โalaihi wasallam. Dia membacanya secara rutin pula setiap selesai shalat shubuh hingga matahari naik tanpa ada nash dari Nabi shallallahu โalaihi wasallam.Toh, walaupun apa yang dilakukan oleh Ibn Taimiyah ini tidak memiliki dalil, kecuali hasil ijtihadnya sendiri, ia masih berhak mendapat pujian dari muridnya, al-Imam Umar bin Ali al-Bazzar dan orang-orang Wahabi, bahwa hal itu sebagai bukti kekuatan kecerdasan Ibn Taimiyah dan pandangan hatinya yang jitu. Di sini kita bertanya-tanya, mengapa Ibn Taimiyah selalu mendapat bonus pujian dari mereka, meskipun melakukan sesuatu tanpa ada dasarnya secara khusus, sementara orang lain akan dikritik bidโah, syirik dan sesat, manakala rutin mengamalkan shalawat, tahlil, maulid dan lain-lain. Wallahu aโlam.
WAHABI: โMaaf, saya ada keperluan mendadak.โ Kabuuuuuuuuurrr.
Wallahu aโlam.
Wassalam
Ustadz Muhammad Idrus Ramli
Ustadz Muhammad Idrus Ramli
0 komentar:
Post a Comment
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.